Pj Wali Kota Tanjungpinang, Hasan membuka secara resmi pelatihan barista serta pelatihan las 3G FCAW di Aula Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah, Kamis,(16/11/2023) kemarin. F:Sijoritoday.com/Diskominfo Tanjungpinang

TANJUNGPINANG,SIJORITODAY.com – Pj Wali Kota Tanjungpinang, Hasan membuka secara resmi pelatihan barista serta pelatihan las 3G FCAW di Aula Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah, Kamis,(16/11/2023) kemarin.

Pelatihan diikuti 32 peserta untuk pelatihan barista dan 16 peserta untuk pelatihan las 3G FCAW yang diambil berdasarkan hasil seleksi.

Hasan mengatakan, pelatihan barista telah dilaksanakan pada 24 Oktober-15 November, sementara pelatihan las 3G FCAW akan diselenggarakan pada 20 November-1 Desember 2023.

Menurutnya, ini merupakan salah satu usaha Pemko Tanjungpinang untuk meningkatkan kompetensi tenaga kerja.

Pemko Tanjungpinang akan terus memacu program vokasi seperti pelatihan untuk menjaga angka pengangguran terbuka terus menurun.

“Kegiatan ini juga butuh integrasi untuk ide-ide kreatif sesuai dengan kebutuhan dan kondisi. Untuk itu kita akan lanjutkan program ini secara kontinyu,” katanya.

Kepala Diskominfo Kepri itu menerangkan, saat ini angka pengangguran terbuka di Tanjungpinang berada di 4,76 persen.

Ia pun berharap agar peserta mengikuti pelatihan dengan sungguh-sungguh agar memiliki kompetensi untuk menjadi tenaga kerja ataupun membuka usaha.

“Saya berharap para peserta pelatihan dapat dengan sungguh-sungguh mengikuti kegiatan ini. Sehingga output dari kegiatan ini dapat menghasilkan tenaga kerja dengan skill yang mumpuni dan berbasis kompetensi,” harapnya.

Kepala Disnakerkopum Tanjungpinang, Ahmad Nur Fattah menambahkan, pelatihan bekerjasama dengan BLK Kepri, LPK Geweld Batam, LPK Global Lentera Kasih Batam, dan Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Medan.

“Tujuan kegiatan las, memberikan keterampilan dan pemahaman, konsep dasar, penggunaan alat. Sementara untuk pelatihan barista bertujuan untuk menciptakan kompetensi dalam menciptakan cita rasa kopi yang baik,” tambahnya.

Penulis: Nuel

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here