SF Hariyanto, Pj Gubernur Provinsi Riau. F:Sijoritoday.com/Superleni

PEKANBARU,SIJORITODAY.com — Upaya penanganan infrastruktur seperti jalan rusak pasca banjir akan menjadi fokus utama Pj Gubernur Riau, SF Hariyanto.

Salah satunya dengan memanfaatkan dana PI 10 persen sebesar Rp3,5 triliun sengaja disiapkan untuk penanganan infrastruktur pascabanjir.

Menurutnya, pasca banjir melanda hampir semua daerah di Riau beberapa waktu lalu telah berdampak signifikan terhadap kondisi jalan yang semakin buruk. Sehingga perlu anggaran cukup untuk penanganannya.

“Dana PI 10 persen itu, akan kita masukkan ke APBD 2024 dalam waktu segera akan dipakai untuk penanganan jalan rusak setelah banjir,” katanya, Jumat (1/3/2024).

Hariyanto menuturkan, dana PI 10 persen sebesar Rp3,5 triliun tersebut boleh digunakan untuk keperluan mendesak, salah satunya infrastruktur jalan.

Saat ramah tamah dengan tokoh masyarakat, bupati/walikota dan mantan Gubernur Riau, di Gedung Daerah Provinsi Riau di Pekanbaru, SF Hariyanto menyinggung soal banyaknya jalan rusak, khususnya di Pekanbaru.

“Di Pekanbaru ini di mana-mana jalan rusak, ampun saya. Apalagi kampung Pak Rusli Zainal. Malu kita. Katanya Riau ini duit banyak, dana PI ada, tapi jalan banyak rusak,” ungkapnya.

Selain menggunakan dana PI 10 persen, SF Hariyanto menyebut bahwa upaya pembenahan infrastruktur di Riau juga akan dilakukan dengan melakukan pergeseran anggaran di APBD 2024.

“Anggaran yang tidak produktif sebaiknya digeser saja untuk belanja langsung. Ini lebih bermanfaat. Dana itu juga bisa kita manfaatkan untuk perbaikan jalan rusak di Riau. Malu kita, orang bertanya-tanya duit PI kemana,” pungkasnya.

Penulis: Superleni
Editor: Nuel

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here