Plt Kepala Dinas Lingkungan dan Kehutanan (LHK) Riau, M Job Kurniawan saat berkunjung ke UPT Laboratorium Lingkungan di Pekanbaru, Jumat (20/4/2024) pagi. F:Sijoritoday.com/Superleni

PEKANBARU,SIJORITODAY.com – Plt Kepala Dinas Lingkungan dan Kehutanan (LHK) Riau, M Job Kurniawan kunjungi UPT Laboratorium Lingkungan di Pekanbaru, Jumat (20/4/2024) pagi.

Pada kesempatan itu, Plt Kadis LHK Riau langsung mengumpulkan pegawai UPT Laboratorium Lingkungan. Ia berdiskusi, memberikan arahan sembari mendengarkan sejumlah saran dari pegawai.

“Kantor UPT Lingkungan ini masih baru terbentuk. Kedatangan saya ke sini untuk melihat kebutuhan-kebutuhan yang harus dilengkapi. Untuk tahun ini sudah ada sejumlah peralatan yang diadakan,” kata M Job.

Dijelaskannya, pihaknya sudah melaksanakan pelatihan sumber daya manusia (SDM). Sebanyak 24 pegawai UPT Laboratorium Lingkungan sudah mengikuti pelatihan.

“Mudah-mudahan dengan adanya peningkatan kapasitas SDM, bisa menjadikan Laboratorium Lingkungan Dinas LHK Riau lebih baik. Insyah Allah Tahun 2025 laboratorium ini bisa meraih akreditasi,” ucapnya.

Sementara, Kepala UPT Laboratorium Lingkungan, Irma Agustini mengatakan, pihaknya terus melakukan pembenahan untuk meraih akreditasi laboratorium sehingga ke depannya, laboratorium mampu melakukan pengujian sampel.

“Laboratorium ini diharapkan mampu meningkatkan pelayanan pengujian. Kemudian, dikelola secara profesional dengan mengacu pada sistem mutu ISO 17025-2017 agar tercapai efesiensi dan efektifitas,” ujarnya.

Irma mengaku, UPT Laboratorium Lingkungan Dinas LHK Riau akan meningkatkan peran dalam analisis kualitas lingkungan hidup. Selain itu, juga meningkatkan kerja sama dengan instansi terkait dan laboratorium lainnya.

“UPT Laboratorium Lingkungan DLHK Riau diharapkan bisa menjadi ujung tombak untuk dapat menyediakan data lingkungan yang diperlukan dalam kegiatan pengelolaan lingkungan. Profesional, ramah, inovatif, akurat, dan unggul (PRO Riau),” tandasnya.

Penulis: Superleni
Editor: Nuel

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here