Batam, Sijori Today.com — Mungkin sebagian kita masyarakat bertanya ketika menyaksikan berita kriminal di stasiun televisi bertanya maksud dari tulisan Turnback Crime yang tertera pada pakaian para penegak hukum.

Apasih maksud dari ” Turn back crime ” ? yang sering kita baca dan menempel di kaos yg biasa di pakai oleh anggota Reserse Kriminal Kepolisian Republik Indonesia.

Seperti dikutip dari laman web turnbackcrime, “Turn Back Crime” merupakan tema dari Sidang Umum INTERPOL ke-83 100 years of international police cooperation” yang dilaksanakan di Monaco selama 5 hari pada tanggal 3-7 November 2014 yang lalu.

Sidang Umum ini merupakan forum yang dihadiri oleh lebih dari 1.000 delegasi dari 166 negara, untuk membahas isu-isu penting termasuk membangun institusi penegak hukum yang kuat, dan meningkatkan kerjasama antara polisi dan masyarakat serta sektor swasta.

Filosofi dari kata ‘Turn Back Crime’ ini memang sesuai dengan makna sebenarnya, yaitu membalikkan kejahatan alias melawan berbagai macam tindak kejahatan.

INTERPOL saat ini sedang menggalakkan kampanye tentang kepedulian global terhadap kejahatan dengan moto “TURN BACK CRIME”. Target audience kampanye adalah masyarakat umum, kalangan bisnis dan instansi pemerintah agar mereka kembali peduli dan menyadari kejahatan disekitarnya dan memeranginya secara bersama-sama untuk menciptakan dunia yang aman.

Adapun pesan-pesan yang disampaikan dalam kampanye, diantaranya yaitu “Organised crime starts with money, don’t let it be yours’ (kejahatan terorganisir dimulai dengan uang, jangan biarkan hal itu terjadi pada anda)‘Know the risks, stay safe’ (kenali bahaya, tinggal dengan aman)‘Together we can’ (bersama-sama kita bisa)

Kepolisian Republik Indoensia bersama-sama dengan NCB INTERPOL Indonesia telah melaksanakan momen dimulainya kampanye “TURN BACK CRIME pada tanggal 5 Juni 2014. Untuk dapat mengetahui informasi lebih lanjut, masyarakat dapat mengunjunggi

Source : www.turnbackcrime.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here