LINGGA, SIJORI TODAY.com — Masyarakat Kabupaten Lingga, Provinsi Kepuluan Riau kini sudah dapat dilayani dengan pesawat perintis. Transportasi udara yang sangat diharapkan dan  didambakan masyarakat Lingga, mulai pada hari Sabtu (15/01/2016) sudah dapat melayani masyarakat yang hendak berpergian mengunakan transporatsi udara.

Pesawat jenis Cassa 212 seri 200 buatan PT Dirgantara Indonesia dengan kapasitas 16  penumpang akan melayani rute sejumlah daerah di Kepulauan Riau, Jambi, Bangka Belitung serta Provinsi Riau. Daerah terpencil diwilayah tersebut selama ini tidak terlayani oleh maskapai penerbangan komersil reguler baik swasta maupun maskapai penerbangan milik BUMN.

Dengan adanya penerbangan pesawat perintis masyarakat Kabupaten LIngga kini sudah dapat menjangkau daerah lain dengan menggunakan pesawat udara yang tentunya akan memersingkat jarak dan waktu tempuh.

Penerbangan perintis yang dimulai pada Januari tahun ini, akan melayanai berbagai rute penerbangan pulang pergi (pp) seperti Dabo dengan tujuan Batam, Jambi, Pekanbaru dan Pangkal Pinang. Sedangkan Dari Pekanbaru dengan tujuan Tanjungbalai Karimun, Tembilahan dan Pasir Pangaraian. Untuk tujuan Letung Kabupaten Natuna, penerbangan perintis melalui bandara di Tanjungpinang.

Kepala Bandara Dabo Singkep, Dodi Dharma Cahyadi ketika ditemui Sabtu (15/01/2016) mengungkapkan, “ Syukur untuk tahun ini kami kembali dapat melayani masyarakat” Ditambahkan Kordinator penerbangnan perintis wilayah Kepulauan Riau, Jambi dan Riua, “Untuk rute Dabo-Batam jika permintaan penumpang meningkat akan kami tambah setiap hari.

Pelayanan penerbangan perintis pada tahun 2016 dimenangkan oleh PT Asi Pudjiastuti dengan bekerjasama dengan PT Trans Wisata. Pihak operator penerbangan perintis  juga telah menyediakan pesawat Dornier sebagai penganti jika pesawat Cessa 212 dalam masa perawatan. (wsa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here