BATAM, SIJORI TODAY, com—Wakil Walikota Batam Rudi meminta petugas Dinas Perhubungan tidak lagi melakukan pungli  terhadap  pengemudi dalam pengurusan KIR kendaraan bermotor. Hal ini diungkapkan Rudi saat melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) dilokasi loket pembayaran restribusi pengujian kendaran bermotor atau disebut KIR Kantor Dinas Perhubungan di Baloi.

Dalam sidak Wakil Walikota Batam menemukan dugaan adanya pungli,  sehingga Walikota Batam terpilih  tersebut, sempat mencak-mencak pada Pom Insani Kepala Bidang Teknis dan Sarana.

“Saya minta tidak ada lagi pungli disini dan jangan kamu bohongi saya, itu namanya goblok kamu,” Kata Rudi kepada Kepala Bidang Teknis dan Sarana, Dinas Perhubungan Kota Batam pada hari  Jumat (22/01/2016).

Rudi yang menyaksikan langsung proses uji KIR kendaraan bermotor, juga sempat menanyakan tanda bukti pembayaran restribusi pada salah seorang warga yang sedang menjalani proses KIR.

“ Bapak mau melakukan KIR kan, mana kwitansi pembayaran restribusi dari petugas loket, ujar Rudi. Sang pengemudi langsung terlihat kagok sambil mengatakan belum bayar pak? Loh kok langsung bisa dicek kendaraannya padahal belum bayar”.

Pada pengemudi Rudi sempat berpesan jangan lakukan lagi. “Ikutlah aturan yang sudah ditetapkan pemerintah pasti selesai. Bagi kendaraan yang belum lengkap sesuai aturan lengkapi dahulu dan besok kembali kesini lagi, karena tidak akan dipersulit dimana yang penting persyaratannya lengkap,” Kata Rudi kepada pengemudi bernama Bartina warga Bengkong.

Ditegaskan Rudi, pemilik kendaraan bermotor yang hendak melakukan uji KIR untuk datang dan mengurus sendiri, tidak perlu titip-titip terhadap petugas. Kalau memang lulus KIR lulus, kalau tidak lulus ya tidak. Mulai besok tidak ada lagi seperti ini, semua harus bersih dari pungli,” Kata Rudi.

Sidak yang dilakukan Walikota Terpilih Kota Batam ini merupakan keinginannya untuk melihat langsung proses uji KIR kendaraan bermotor di Dinas Perhubungan, disamping juga menindak lanjuti laporan keluhan masyarakat terhadap pungli yang dilakukan oleh oknum Dishub Kota Batam.

Dalam sidak yang dilakukan didapati juga bahwa cek fisik kendaraan yang dilakukan Dishub Kota Batam ternyata hanya formalitas. Dalam waktu dekat, Pemerintah Kota Batam berjanji akan segera melakukan pembenahan.

Dalam sidak ke Dishub Rudi tidak didampinggi Kadishub Kota batam Zulhendra. Yang bersangkutan  sedang di Jakarta untuk serah terima bantuan Bus 15 unit bagi masyarakat Batam.(pet).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here