sijoritoday (dok)

BATAM, SIJORITODAY.com—Proyek jalan Tol Ampar – Mukakuning Batam, Kepulauan Riau yang telah lama direncanankan, akhirnya masuk dalam 47 Proyek Strategis Nasional. Presiden Joko Widodo telah meneken Peraturan Presiden Nomor 3  Tahun 2016 Tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional pada (8/01/2016) di Jakarta.

Proyek jalan Tol yang dibangun di Kota Batam nantinya akan menghubungan wilayah Batu Ampar dan Mukakuning. Kedua wilayah tersebut merupakan daerah kawasan industri yang juga merupakan kawasan pemukiman warga.

Selain berfungsi untuk memperlancar arus lalu lintas, jalan Tol Ampar-Mukakuning juga dapat mempersingkat jarak penganggkutan barang dari pelabuhan Baru Ampar menuju Kawasan Industri  Mukakuning dan kawasan lainnya. Diharapkan jalan Tol sepanjang 25 kilometer akan memberikan jaminan keamanan dan ketepatan waktu pengiriman barang ke kawasan industri.

Seperti yang dikutip dari laman web setkab.go.id, untuk mendukung percepatan pelaksaan proyek strategis, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 1 Tahun 2016 yang ditandatanganinya pada 8 Januari 2016. Telah menginstruksikan kepada para Menteri Kabinet Kerja; Jaksa Agung; Kapolri; Sekretaris Kabinet; Kepala Staf Presiden; Para Kepala Lembaga Pemerintah Non Kementerian;  para Gubernur; dan para Bupati/Wali kota untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan sesuai tugas, fungsi, dan kewenangan masing-masing.

Proyek jalan Tol Ampar-Mukakuning akan meleyan biaya 1,6 trilyun, diharapkan pada tahun depan akan memasuki tahap lelang.

Penulis : red
Sumber : setkab.go.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here