Petugas ATB temukan Pipa Pencurian Air Di Kampung Air, Batam Center, Selasa (02/02/2016)

BATAM, SIJORITODAY.com—PT Adhya Tirta Batam perusahaan penyedia air bersih di Kota Batam mengungkap pencurian air produksi mereka di Kampung Air, Batam Center. Kota Batam, Selasa (02/02/2016). Pencurian bukan dilakukan oleh warga rumah liar di kawasan tersebut, namun ada pihak yang belum diketahui secara pasti, melakukan penyambungan secara illegal.

Pipa ukuran 2 inci yang juga biasa digunakan pihak PT.ATB, ditemukan membentang sepanjang lebih dari 1 kilo meter dari dua lokasi berbeda. Pipa mengaliri air dari pipa utama milik ATB, ke pemukiman rumah liar warga Kampung Air.

Sejumlah petugas dari ATB yang berada di lokasi, kemudian melakukan pencabutan seluruh pipa yang digunakan untuk instalasi air hasil pencurian.

Dikatakan Enrigo Moreno, Manager Hubungan Masyarakat PT Adhya Tirta Batam,  Aksi pencurian air baku produksi ATB telah terdeteksi beberapa waktu lalu. Diawali dengan adanya keluhan berkurangnya tekanan aliran air para pelanggan di sekitar lokasi.

Petugas  ATB sebelumnya sudah pernah melakukan pemutusan pipa yang dicurigai untuk mencuri air produksi mereka, namun kemudian ternyata pipa kembali dipasang.

“Pencurian air bukan dilakukan oleh warga yang bermukim di kawasan rumah liar Kampung Air. Namun ada pihak yang mengatasnamakan ATB melakukan penyambungan illegal ke rumah-rumah warga. Untuk biaya penyambungan, warga membayar 1.800.000 rupiah, sedangkan untuk tarif pemakaian air 15.000 rupiah per kubik”. ungkap Enrigo.

Ditambahkan Enrigo, dilihat dari jenis pipa yang digunakan dapat dikatakan pelaku telah berinvestasi cukup besar, katanya.

Akibat pencurian tersebut, pihak ATB mengalami kerugian mencapai 75 juta rupiah hingga 100 juta rupiah per bulannya. Hingga kini pihak PT Adhy Tirta Batam belum mengetahui dengan pasti pihak yang melakukan pencurian air milik perusahaan mereka.

Pihak ATB telah meminta bantuan Kepolisian setempat untuk melakukan penyelidikan guna mengetahui dan menangkap pelaku dari pencurian dan pemasangan instalasi illegal. Kepada warga Kampung Air yang telah ditipu, agar melaporkan  pada pihak Kepolisian setempat.

Penulis : red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here