62 Rumah Warga Batu Merah Batam Diterjang Gelombang Pasang Air Laut, Minggu (7/2/2016-ST)

BATAM, SIJORI TODAY.com—Sedikitnya 62 unit rumah milik warga di Batu Merah, Batu Ampar, Batam, hilang dan rusak parah diterjang gelombang pasang air laut. Untuk sementara warga terpaksa mengungsi di rumah warga lainnya serta sanak keluarga yang bermukim di darat.

Enam unit rumah yang berada di pelantar 4 dan pelantar 5, langsung roboh dan hilang, dihantam gelombang pasang air laut yang terjadi sekitar pukul 22:00 WIB Minggu malam, (7/2/2016). Angin kencang disertai gelombang besar pasang air laut, menghajar rumah rumah warga yang sebagaian besar berupa rumah panggung diatas laut.

Dari pantauan sijori today.com dilokasi kejadian  pada Senin siang, sejumlah warga terlihat berusaha menyelamatkan kayu-kayu bekas rumah mereka yang masih dapat digunakan. Begitu juga pakaian, alat alat dapur serta barang lainnya yang berserakan di atas permukaan air.

Sejumlah warga yang ditemui di lokasi kejadian menuturkan, bencana gelombang pasang air lain  yang terjadi di kawasan pemukiman Batu Merah kali ini, lebih besar dari yang pernah terjadi pada sekitar tahun 2009. Gelombang pasang air laut kali ini mencapai ketinggian melewati pelantar.

Menurut Ahmad Dasuki, Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat, Kelurahan Batu Merah. Pihaknya telah melakukan pendataan, sebanyak 62 unit rumah warga menjadi korban bencana gelombang pasang air laut.

“Ada 17 unit rumah yang roboh dan hilang, 45 unit rumah yang rusak berat dan ringan serta 2 pelantar putus , akibat terjangan gelombang pasang air laut”.

Untuk sementara waktu warga yang kehilangan rumah mengungsi di rumah-rumah tetangga dan rumah sanak keluarga yang berada di darat. ujar Ahmad Dasuki.

Warga sekitar  di sekitar Jalan  Bawal secara swadaya juga telah mendirikan berbagai Posko di Mesjid Al-Muhajirin.

Sejumlah personil dari Satuan Polisi Pamong Praja, Pemerintah Kota batam telah didatangkan untuk membantu warga yang terkena musibah. Begitu juga dengan pihak Kepolisian Polresta Barelang dan Komando Distrik Militer Tentara Nasional Indonesia telah menyalurkan sejumlah bantuan makanan dan air minum untuk membantu warga yang terkena musibah.

Penulis : red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here