Antrian Warga Pemohon Paspor di Kantor Imigrasi Batam, Batam Center, Senin (15/2) Foto : pet

BATAM, SIJORI TODAY, com — Calo Pengurusan Paspor di kantor Imigrasi Batam berkeliaran  menawarkan jasa pengurusan paspor pada calon tenaga kerja indonesia maupun perorangan. Percaloan di kantor imigrasi Batam dikuasai orang tertentu seperti Anyiu, Apung, Jaya, Nardi dan Cece ngendut.

Pantauan sijori today.com di kantor imigrasi Batam yang berlokasi di jalan Engku Putri Batam Center. Modus percaloan pengurusan paspor beragam. Untuk pemohoan paspor warga keturunan tionghoa diurus oleh calon beretnis tionghoa. Bagi calon TKI lain lagi, diurus oleh seseorang yang dipanggil Jaya.

Salah seorang pedagang yang setiap harinya berdagang di kawasan kantor imigrasi menuturkan, para calo dari etnis tionghoa sudah rutin beroperasi dan sudah berkoordinasi dengan baik bersama oknum imigrasi. Bahkan mereka dapat menyelesaikan pengurusan paspor hanya dalam waktu singkat. Sejak keberadaan mereka, para calo pribumi mulai tergeser dan sulit mencari warga yang hendak melakukan pembuatan paspor untuk berbagai keperluan.

“Mayoritas oknum tersebut disini, sehingga lain jadi susah karena dua jam mereka bisa tuntas,” Kata Pak De saat dijumpai dilapangan parkir imgrasi Batam. Senin(15/02).

Kepala Imigrasi Batam sudah pernah menegur para calo yang ada di kantor imigrasi karena merasa heran kok bisa proses pembuatan begitu cepat dan juga sudah menegur bawahannya. ujar pedagang tersebut.

Kondisi di kantor imigrasi Batam membuktikan  aktivitas percaloan paspor bukanlah isapan jempol belaka. Percaloan untuk pengurusan paspor sudah berlangsung lama dan setiap tahun modusnya selalu berubah-ubah. Untuk calon TKI yang mengurus sendiri akan menemui calo dibelakang musolla imigrasi untuk mengambil nomor antrian.

Disana sudah ada beberapa orang dari biro jasa menunggu dengan biaya pengurusan bervariasi bahkan sampai dianggka jutaan rupiah, jika calon pemohon  setuju langsung bayar dan menyerahkan berkas.

Sampai berita ini diunggah, kami telah berusaha menghubunggi kepala kantor imigrasi a untuk mengkonfirmasi. Namun yang bersangkutan sedang berada di Jakarta dalam urusan dinas.

Penulis : pet

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here