Kantor Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Natuna. Foto : dok.ist

BATAM, SIJORI TODAY. com – – Penerapan Kartu Identitas Anak ( KIA) untuk warga Natuna, Kepulauan Riau baru akan diterapkan pada awal tahun 2017 ( tahun depan), kepastian ini disampaikan Kadisdukcapil Kab. Natuna Ir Basri, Senin (22/02).

” Ya penerapan kartu identitas anak untuk warga Natuna baru akan di laksanakan pada awal tahun 2017, di tahun 2016 ini hanya 50 kabupaten dan kota diseluruh Indonesia,” jelas Basri.

Bulan depan kadissukcapil Kabupaten Natuna baru akan mengikuti rapat kerja nasional yang akan membahas persiapan penerapan KIA di Natuna.

” Untuk Natuna kita baru akan menghadiri raker nasional untuk membahas KIA, kemungkinan awal 2017 baru akan diterapkan keseluruhan se- Indonesia, program pemerintah ini sebagai bagian untuk memberikan perlindungan kepada warga Indonesia, terutama hak anak ,” Tambah Basri

Lebih jauh Basri menjelaskan bahwa pada KIA akan merecord identitas anak sama dengan fungsi KTP pada orang dewasa, ada banyak manfaat baik untuk kepentingan negara maupun untuk kepentingan anak itu sendiri.

” Selama ini anak hanya memiliki identitas Akte kelahiran, di akte hanya tercantum nama orang tua dan tanggal lahir nak serta nama, sedangkan ciri fisik pengenal seperti sidik jari,sidik retina (mata-red), golongan darah, dan lainnya belum terakomodir, nah pada KIA ini semua terekam, anak akan mendapatkan nomor identitas seperti nomor KTP pada orang dewasa, nomor ini tidak akan berubah seumur hidupnya,” terang Basri.

KIA terbagi menjadi 2 jenis yakni KIA untuk anak usia Dibawah 5 tahun dan KIA usia 5 tahun hingga 17 Tahun.

” Kedepan begitu anak lahir maka anak akan langsung mendapatkan KIA dan Akte kelahiran bersamaan, ini berlaku hingga umur 5 tahun, kemudian usia 5 tahun akan di upgrade dan mendapatkan KIA untuk usia 5 hingga 17 tahun, baru pada usia 5 Tahun berubah menjadi KTP seumur hidup,” tambah Basri.

Dengan KIA maka anak mendapat manfaat, misalnya anak jadi lebih mudah saat membuka rekening bank ( Bankable), juga lebih mudah melacak saat terjadi insiden, kehilangan, kecelakaan atau keperluan administrasi lainnya.

Untuk itu Basri menghimbau kepada warga Natuna yang hingga saat ini belum memiliki KTP, KK dan akte kelahiran untuk segera mengurusnya di Kantor Disdukcapil jln DKWM Benteng, tepatnya digesung di BP3N.

” Pada kesempatan ini saya menghimbau kepada warga Natuna yang belum memiliki KTP, KK dan akte kelahiran untuk segera mengurusnya, tidak usah kawatir semuanya gratis, dan cepat, tentu dengan persyaratan lengkap,” himbau Basri.

Penulis : pet

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here