Pelabuhan Batu Ampar Batam. Foto : red

BATAM, SIJORITODAY.com– – Calon Investor Pelabuhan Container Terminal Services, CTS, Mr Cyril Peri selaku Direktur Keuangan dan Administrasi, mengunjungi Badan Pengusahaan (BP) Batam. Kedatangan perwakilan perusahaan dari Prancis pada medio Januari 2016 lalu tersebut, terkait informasi pengembangan dermaga utara Pelabuhan Peti Kemas Batu Ampar.

Direktur Promosi dan Humas BP Batam, Purnomo Andiantono mengatakan, kehadiran Cyril Peri untuk melihat peluang investasi pengembangan pelabuhan pelabuhan Batu Ampar dan pelabuhan Tanjung Sauh sebagai penjajakan kemungkinan adanya kerjasama dengan BP Batam.

“Sekarang, dermaga utara, dalam dalam tahap penyelesaian akhir pengerjaan pembangunan. Pengembangan pelabuhan akan dapat menampung kapasitas 2 juta TEUs dengan panjang lebih dari 600 meter,” jelasnya.

Container Terminal Services (CTS) sendiri merupakan perusahaan dari Perancis yang memiliki pengalaman  mengerjakan salah satu projek pelabuhan peti kemas Bordeoux Port di Perancis yang memiliki volume 100.000 Teus.

Kapasitas Bordeux Port memilki kemiripan dengan  Pelabuah Peti Kemas Batu Ampar. Kapasitas pelabuhan maksimal 200 ribu Twenty-Foot Equivalent Units (TEUs), dan pertahun dapat menampung volume sekitar 80.000 hingga 100.000 TEUs.

Selain kemiripan volume kapastitas, hal lain yang  menarik minat calon investor dari Perancis ini, kondisi Pelabuhan Batu Ampar sebagai pelabuhan kargo terbesar di Batam yang  menjadi pintu masuk dan keluar wilayah kawasan perdagangan bebas Batam.

Sementara itu, Terkait dengan rencana pengembangan proyek transhipment port Tanjung Sauh. Kepala Bagian Perencanaan Pengembangan Usaha, Ferry Wise Manulung mengungkapkan, pengembangan pelabuhan alih kapal Tanjung Sauh masih tertunda. Penundaan disebabkan kurangnya kandidat tender yang seharusnya minimal diikuti oleh tiga perusahaan.

“BP Batam akan segera membuka lelang kembali. Pembukaan lelang pra kualifikasi untuk pengembangan Transhipment Port atau Pelabuhan Alih Kapal Tanjung Sauh. Lelang akan diumumkan pada satu minggu kedepan,” katanya.

Pihak CTS menyatakan ketertarikan untuk melakukan kerjasama atau investasi dan akan menunggu pengumuman lelang building proses yang akan dilaksanakan BP Batam pada minggu depan.

Penulis : lt

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here