BATAM, SIJORITODAY.com—Gerhana Matahari sebagian dapat disaksikan disejumlah wilayah di Batam. Kawasan timur pulau Batam merupakan lokasi yang paling baik untuk mengamati peristiwa alam yang sangat langka terjadi.

Dari pengamatan sijoritoday.com di kawasan Punggur pada Rabu (9/3). Gerhana Matahari sebagian terjadi sesuai dengan prakiraan Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) dimulai tepat pada pukul  06:22:53.0 WIB.

Secara berlahan terlihat bayangan Bulan mulai nampak menghalangi Matahari. Namun sayangnya proses gerhana Matahari sebagian di wilayah Batam dari titik pengamatan daerah Punggur, sempat terhalang oleh awan yang cukup tebal.

Puncak gerhana Matahari sebagian terjadi tepat pada pukul 07:23:46.8 Wib dan berakhir pada pukul 08:33:5.7 WIB. Gerhana Matahari sebagian di Batam berlangsung selama 2 jam 10 menit 12.8 detik.

Gerhana Matahari sebagian, terjadi apabila piringan Bulan (saat puncak gerhana) hanya menutup sebagian dari piringan Matahari. Pada gerhana ini, selalu ada bagian dari piringan Matahari yang tidak tertutup oleh piringan Bulan.

Penulis : red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here