Pertemuan Koordinasi Perdana Antara Gubernur Kepri Nurdin Basirun Dengan Dubes RI Di Singapura, I Gede Ngurah Swajaya di Kantor Gubernur Kepri, Rabu (20/7). Foto : pan

TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com — Kedutaan Besar Republik Indonesia yang berada di Negara Singapura mengadakan Pertemuan Koordinasi Perdana dengan Gubernur Kepulauan Riau beserta sejumlah bajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan Forum Komunikasi Pemerintah Daerah Pemerintah (FKPD) Provinsi Kepri di kantor Gubernur Kepri Dompak ,Rabu (20/07).

I Gede Ngurah Swajaya, Duta Besar Republik Indonesia untuk negara Sigapura membawa lengkap seluruh ajaranya. Dalam sesi pembahasan sejumlah isu dibahas Duta Besar dengan Nurdin Basirun, Gubernur Kepri.

Diantaranya isu Politik, Hukum, Pertanhanan dan keamanan meliputi antara lain, masalah perbatasan ,penegak hukum, dan patroli keamanan di wilayah perbatasan dan juga kejahatan lintas batas negara termasuk terorisme serta memfasilitasi konektivitas dan lalu lintas manusia serta memperkuat ” border security”.

Kemudian isu dibidang Ekonomi meliputi antara lain, peluang dan kerja sama investasi dan pariwisata bagi disingapure diKepri termasuk kota Batam. Selain itu, isu penerangan dan sosial budaya antara lain data wartawan dan media cetak serta online berbasis di Kepri, kemungkinan promosi kebudayaan dan kesenian daerah Kepri di singapura dan people to people contact.

Selanjutnya pembahasan isu konsuler antara lain implikasi pemberian bebas visa kunjungan singkat (BVKS) oleh Indonesia kepada warga negara yang asing dari 165 negara.

Ada juga pembahasan tentang isu Cross Cuting dan isu-isu khusus antara lain implikasi penerapan Perpres no.105 tahun 2015 tentang kunjungan kapal wisata (Yacht) asing ke indonesia dan pemberlakuan Yacht Electronic Registration System (Yachter).

Usulan Expected outcame catatan rekomendasi pertemuan koordinasi masing masing oleh KBRI Singapura dan Pemerintah daerah Provinsi Kepri akan ditindak lanjuti ditingkat pusat dan forum konsultasi bilateral.

 

Penulis : ambok akok

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here