237 Orang Warga Negara Indonesia-Migran Korban Perdagangan Orang (WNI-M KPO) tiba di Pelabuhan Sri Bintan Pura, Tanjungpinang, Jum'at (22/7) Foto : ist

TANJUNGPINANG,SIJORITODAY.com – -Kota Tanjungpinang kembali kedatangan Warga Negara Indonesia-Migran Korban Perdagangan Orang (WNI-M KPO) dari Pelabuhan Belungkur, Johor, Negara Malaysia. Kali ini mereka yang dideporatsi berjumlah 237 orang.

MV. Telaga Expres yang mengangkut para TKI Bermasalah tiba di Pelabuhan Internasional Sri Bintan Pura Tanjungpinang, Jum’at (22/07) pukul 14.10 Wib. Mereka terdiri dari 199 laki-laki dan Perempuan sebanyak 38 orang.

Dari pantauan sijoritoday.com, seluruh warga negara Indonesia tersebut diterima langsung oleh Petugas Dinsos Provinsi Kepri dan Kota Tanjungpinang. Terhadap mereka masing-masing kemudian dilakukan pemeriksaan nama, sesuai manives kedatangan oleh Imigrasi.

Selain itu, juga dilakukan pemeriksaan segala barang bawaan oleh Bea dan Cukai serta pemeriksaan kesehatan bagi yang sakit oleh Dinas Kesehatan Pelabuhan.

Kemudian mereka diangkut menggunakan transportasi angkutan kota, menuju tempat penampungan sementara RPTC yang berlokasi di Jalan Senggarang Km 14 Tanjungpinang. Seluruhnya akan menjalanai proses pendataan kembali sambil menunggu jadwal kapal Pelni untuk dipulangkan ke Daerah asal.

Kota Tanjungpinang menjadi daerah terdekat yang telah disepakati anatar Indonesia – Malaysia, sebagai tempat transit pemulangan tenaga kerja Indonesia yang dideportasi pemerintah Kerajaan Malayisa.

Para TKI yang dideportasi adalah yang telah menjalani masa hukuman akibat melanggar peraturan keimigrasian Malaysia.

Penulis : amok akok

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here