TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com – – Gubernur Kepri H Nurdin Basirun melepas Calon Jemaah Haji (CJH) kloter pertama Embarkasi Batam bertempat di Asrama Haji Batam Senter, Selasa (9/8/2016) pagi.

Sebanyak 443 CJH yang kesemuanya berasal dari kabupaten/kota se-Kepri resmi dilepas Gubernur untuk selanjutnya bertolak ke Jedah, Saudi Arabia.

Nurdin Basirun dalam pesannya berharap, agar para CJH bisa mengikuti seluruh rangkaian kegiatan ibadah haji secara baik. Menjaga kesehatan, mengikuti setiap instruksi yang disampaikan petugas kloter, agar rangakaian ibadah bisa dilaksanakan secara maksimal.

Dijelaskan Nurdin, atas nama Pemerintah Provinsi Kepri, pihaknya terus berupaya secara maksimal agar pelayanan haji khsusunya dari Embarkasi Batam makin tahun makin baik lagi.

“Saya yakin, bersama seluruh pihak terkait, Insya Allah komitmen untuk terus memberikan pelayanan maksimal akan terus kami lakukan,” kata Nurdin.

Dengan memberi pelayanan terbaik, Nurdin yakin CJH makin nyaman sehingga para jamaah bisa menjalankan seluruh rangkaian ibadah haji dengan makin khusyuk. “Saya juga berpesan, kepada CJH selama di Tanah Suci untuk memberbanyak ibadah.Termasuk ibadah-ibadah sunah. Bukan melakukan kegiatan fisik yang tidak terkait langsung dengan rangkaian ibadah haji,” kata Nurdin.

Gubernur juga berpesan agar CJH menjaga kesehatan. Apalagi di Tanah Suci kondisi cuaca sangat panas. Info terkhir kondisi cuaca mencapai 48 derajat celsius. “Saya hanya bisa selalu mendoakan, mudah-mudahan semua CJH yang berangkat hari ini akan menjadi haji yang mabrur,” harap Nurdin.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Kepri Marwin Jamal sekaligus Ketua Tim Penyelenggara Ibdah Haji (TPIH) Provinsi Kepri menjelaskan, untuk Embarkasi Batam sendiri tahun ini akan memberangkatkan sebanyak 8 911 jamaah. Jumlah tersebut berasal dari Provinsi Kepri sebanyak 700 orang, asal Provinsi Riau sebanyak 4.030 orang, dari Provinsi Kalimantan Barat sebanyak 1.872 orang dan terakhir dari Provinsi Jambi sebanyak 2.108 orang.

Mereka selanjutnya akan dibantu oleh 100 orang petugas kloter. Dimana nantinya mereka akan diterbangkan secara bertahap.Sesuai jadwal, untuk CJH yang akan berangkat dari Embarkasi Batam akan diterbangkan melalui 20 kelompok penerbangan.

Untuk kloter pertama ini, juga terdapat JCH tertua yakni Jafar 86 tahun asal Natuna. Adapun jamaah haji termuda yakni Doni Fardiansyah 25 tahun asal Kota Tanjungpinang.

“Sesuai rencana, mereka hari ini Selasa 9 Agustus 2016 akan terbang pada pukul 09 WIB direncanakan kembali ke tanah air pada 18 September 2016mendatang,”jelas Marwan Jamal.

 

Penulis : Akok

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here