Ilustrasi

LINGGA, SIJORITODAY.com–Sesuai jadwal Wonderfull Sail To Indonesia (WSTI), sejumlah kapal yach bakal singgahi titik labuh di Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau pada Oktober mendatang selama enam hari.

Kasi Promosi dan Pelayanan Informasi di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudapar) Kabupaten Lingga, Rosana mengatakan pihaknya saat ini baru menerima surat dari kementerian pariwisata (Kemenpar) Indonesia.

Dikatakannya pada 21-26 Oktober mendatang Wonderfull Sail To Indonesia akan melalui tiga titik labuh yang dimiliki Kabupaten Lingga. Adapun sejumlah titik labuh yang bakal disinggahi oleh sejumlah yach di Lingga diantaranya pulau Penuba di Kecamatan Selayar,Tanjung Kelit serta Benan yang berada di Kecamatan Senayang.

“Nanti di Lingga kita melakukan penyambutan dengan pertunjukkan budaya, penyambutan dan hiburan tradisional khas Lingga,” ungkap Rosana ketika dihubungi, Senin (29/08).

Dikatakannya, jalur Sail To Indonesia di Lingga sangat menarik dilintasi karena memiliki  500 lebih pulau-pulau  kecil yang memiliki eksotik tersendiri. Apa lagi bagi yachter itu makin banyak pulau, semakin bagus untuk dikunjungi.

“Di Lingga juga kita punya titik diving, mereka juga lakukan Diving seperti di Benan. Dan peserta yach tiap tahun bertambah,” terangnya.

Pada ajang itu nanti, Rosana mengatakan acara puncaknya  adalah Kepri Carnival, dengan festival kapal hias. Namun saat ini sejumlah yach dari berbagai negara tersebut sedang menempuh rute yang sudah ditetapkan kementrian.

“Pada puncak Sail To Indobesia ada Festival Bahari di Tanjungpinang. Sedangkan Sail Karimata agendanya  Lebih awal dari Wonderful Sail to Indonesia,” tutupnya.

Sebagaimana rute  Wonderful Sail To Indonesia yakni, pelayaran dimulai dari Tual Maluku Tenggara melintasi Wakatobi, Lembata Flores Timur, Sikka, Ende, Ngada, Manggara Lombok Utara, Buleleng, Jepara, Borobudur Trip, Kota Waringin Barat, Ketapang, KKU, Bangka, Lingga, serta Tanjungpinang.

Penulis : Ruzi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here