Foto : ist

LINGGA, SIJORITODAY.com— Jelang pelaksanaan Sail Karimata 2016 yang nantinya juga akan melalui perairan Kabupaten Lingga, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) kabupaten Lingga persiapkan kegiatan budaya untuk penyambutan peserta Sail Karimata 2016 di dua dari tiga titik labuh di perairan Lingga.

Rosanna, Kasi Promosi dan Pelayanan Informasi di Disbudpar Lingga mengatakan, saat ini persiapan terus digesa dititik labuh Penuba, kecamatan Selayar dan Pulau Benan, kecamatan Senayang.

“Kemarin kita sudah rapat bersama perangkat desa dan masyarakat di Penuba dan Benan. Masyarakat begitu antusias mensukseskan kegiatan ini. Untuk Tanjung Kelit, memang tidak ada kegiatan penyambutan,” ungkapnya ketika dihubungi, Rabu (28/09).

Dikatakannya, berdasarkan hasil komonikasi Disbudpar Lingga bersama kemeterian pariwisata, kegiatan Sail Karimata dan Wonderful Sail 2 Indonesia akan diramaikan oleh 30 buah yatch. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan pariwista Lingga semakin dikenal luas dan juga mendapat perhatian pusat untuk persiapan fasilitas maupun sarana prasarana.

“Kegiatan penyambutan pada 22 Oktober dari pagi hingga malam hari full kegiatan. Kita juga akan tampilkan tarian khas penduduk asli Suku Laut pulau Lipan dan Joget Lambak disana yang telah dikemas,” imbuhnya.

Beberapa kegiatan dijelaskan Rosanna akan berlangsung di Penuba seperti silat penyambutan dan pemasangan Tanjak kepada perwakilan yatcher. Para peserta juga akan diajak berkeliling wilayah Penuba dan mengunjungi sekolah-sekolah dilanjutkan dengan sejumlah permainan rakyat serta malam hiburan budaya.

Sementara itu, untuk di Pulau Benan, juga akan digelar kegiatan penyambutan budaya tabur beras kuning, pelepasan Tukik (Penyu) oleh Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Lingga, penanaman pohon dari Badan Lingkungan Hidup (BLH), permainan rakyat, bazar serta pertujukan musik dan tari Joget Dangkong oleh sanggar lokal.

“Kita konsepkan kegiatan-kegiatan budaya menjamu para yatcher sesuai karakteristik dan budaya dilokasi titik labuh. Ini untuk mempromosikan kearifan lokal dan budaya pesisir. Perangkat desa serta masyarakat diajak langsung untuk terlibat menjamu peserta Sail Karimata dan Wonderful Sail 2 Indonesia yang akan menyinggahi Lingga pada tanggal 21 hingga 26 Oktober nanti,” tutupnya.

 

Penulis : ruzi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here