LINGGA, SIJORITODAY.Com – – Survei potensi lahan untuk perkebunan cabai di Desa Panggak Darat, Kecamatan Lingga, Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Lingga serta Tim Penggerak PKK Kabupaten Lingga siap untuk berkebun.

KNPI serta Tim Penggerak PKK lakukan survei potensi lahan untuk program pertanian cabai di Desa Panggak Darat tersebut sebagaimana dialokasikan pemerintah daerah untuk mendukung pertanian holtikultura masyarakat.

Ketua KNPI Kabupaten Lingga, Safaruddin usai kegiatan survei tersebut mengatakan, organisasi pemuda yang ia pimpin itu mendapat alokasi lahan pertanian seluas 1 Hektar dari desa setempat.

“Jadi lahan ini akan di buka seluas 3 Hektar. KNPI dapat 1 Hektar untuk tahap awal, sisanya PKK. Kesempatan ini akan kami manfaatkan sebaik mungkin,” ungkapnya kepada sijoritoday.com, Sabtu (04/02).

Dikatakannya, lahan pertanian yang akan diolah KNPI untuk membangun kebun cabai tersebut akan mendatangkan manfaat yang luas kedepannya baik bagi anggota KNPI sendiri, maupun masyarakat setempat.

“Organisasi kami akan lebih produktif dan mandiri kedepannya dari investasi pertanian ini. Tinggal bagaimana memenej kerja di sektor ini dengan baik,” ungkapnya.

Bukan hanya itu, dia juga menambahkan, jika KNPI berhasil mengolah lahan tidur menjadi kebun cabai diatas tanah bantuan pemerintah seluas 1 Hektar tersebut hingga menjadi hasil yang dapat dinikmati bersama, akan menjadi contoh bagi pemuda Lingga, bahwa bertani juga menjanjikan masa depan yang baik.

“Kami ingin menunjukkan, lahan ini kedepan akan jadi contoh untuk pemuda terjum menggeluti usaha pertanian. Selama ini kan banyak yang memandang lapangan kerja itu hanya lingkup kantoran saja, minimal jadi THL atau honorer,” tuturnya.

Terlepas dari itu, dia juga mengajak para pemuda yang memiliki pemikiran brilian di sektor-sektor lainnya, untuk tidak pelit memberikan sumbang saran kepada KNPI.

Pantauan di lapangan, kegiatan survei yang dilakukan tersebut turut di dampingi langsung oleh Wakil Bupati Lingga M Nizar, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Dispertapa) Lingga Rusli Ismail bersama tim ahli pertanian, Camat Lingga Yulius serta Kades Panggak Darat Zulmafriza.

 

Penulis: Ruzi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here