Penumpang kapal RORO di Kabupaten Lingga. Foto : jon cosmos

LINGGA, SIJORITODAY.com– – Geliat perekonomian Kabupaten Lingga mulai nampak bergairah dengan beroperasinya kapal RORO. Masyarakat berharap pemerintah kabupaten Lingga menambah armada untuk mencegah adanya penumpukan penumpang.

Dengan adanya trasportasi laut yang di kenal dengan nama Roll On- Roll Off atau yang di singkat RORO yang mulai melayani jalur pelayaran di Kabupaten Lingga. Bupati Lingga H Alias Wello Sip melalui Kadis Perhubungan dan Informatika Kabupaten Lingga Yusrizal SH menerangkan keinginan Bupati Lingga membuka simpul-simpul perekonomian dimulai dengan adanya trasportasi yang memadai dan dibutuhkan masyarakat.

’’Trasportasi laut menjadi salah satu sarana untuk menunjang geliat perekonomian di Kabupaten Lingga yang memiliki pulau cukup banyak,’’terang Yusrizal.
Ditambahkan Yusrizal sejak diperlakukanya Rute pelabuhan Jago- Pernarik sejak 1 Febuari lalu. Jumlah penumpang terus meningkat bahkan KMP Paray yang melayani rute tersebut sudah tidak dapat menampung penumpang.

Tidak jarang masyarakat pengguna kapal RORO terpaksa harus menunggu keesokan harinya untuk berangkat mengunakan jasa KMP Paray.
’’ Kita sampai over penumpang hingga terpaksa sejumlah penumpang harus menunggu besok untuk berangkat, saat ini setiap hari KMP Roro melayani rute Jago Penarik (PP).’’ujar Yusrizal.

Rony (35) salah satu warga Lingga menuturkan, pemandangan penumpukan penumpang di pelabuhan Jago menuju pelabuhan Penarik sudah menjadi pemandangan yang sudah biasa sejak Roro di operasional oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Lingga.

Sebagai warga masayarakat kabupaten Lingga Rony berharap pihak Dishub menambah atau menganti armada kapal Roro sehingga tidak ada lagi penumpukan penumpang.
’’Terutama hari senin jumlah penumpang banyak sampai-sampaim ada kendaraan yang tidak bisa di berangkatkan.’’terang Rony.

Penulis : Jon Cosmos

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here