Desa Bukit Belah Panen Pisang menuju sentra perkebunan pisang Kabupaten Lingga. Foto : jon cosmos

LINGGA,SIJORITODAY.com– – Keberhasilan Kepala Desa Bukit Belah, Kecamatan Singkep Barat, Kabupaten Lingga Eddy Sumatri dalam mendorong sektor perekonomian bagi warganya mulai menui hasil. Lahan kosong atau tidur yang selama ini tidak digarap, kini menjadi perkebunan penghasil pisang terbesar di Kabupaten Lingga.

”Ada sekitar 30 hektar lahan yang saat ini ditanam untuk perkebunan pisang, semua lahan adalah milik warga yang kita ajak bersama-sama untuk menanam pisang.”ungkap Edy, saat dijumpai di ruang kerjanya, Selasa (15/3).

Namun demikian hasil yang ada saat ini berdasarkan perhitungan masih belum dapat memenuhi kebutuhan pisang untuk wilayah Dabo Singkep dan sekitar yang membutuhkan akan pasokan pisangnya sangat besar.

Untuk itu Edy berharap warga lebih menggalakkan perkebunan Pisang yang nantinya diharapkan Desa Bukit Belah menjadi pemasuk pisang terbesar se-Kabupaten Lingga dan sekaligus menjadi ciri khas Desa Bukit Belah sebagai Desa perkebunan pisang.

Peranan masyarakat dan BPD cukup besar, sehingga ada 3 jenis pisang yang di tanam saat ini yaitu pisang Kepok, Pisang Awak dan Pisang Manis. Jenis pisang tersebut sudah mulai memanen dan menjadi pisang andalan yang cukup mudah di tanam di Kabupaten Lingga.

”Kita mencoba mengikuti irama Bapak Bupati Lingga Alias Welo yang membidik sektor pertanian dan perkebunan guna mendorong perekonomian rakyat dan hasilnya warga Bukit Belah kini sudah mulai melirik sektor perkebunan untuk menunjang kehidupanya.”imbuh Eddy.

Ditempat terpisah ketua BPD Desa Bukit Belah Asran menerangkan,  satu tahun lalu Bupati Lingga, H Alias Wello mencanangkan gerakan menanam lingga 2020.

Program yang sudah diluncurkan sejak satu tahun yang lalu tersebut, kini mulai mulai dijawab oleh masyarakat Desa Bukit Belah dengan membudidayakan perkebunan pisang.

”Berkat dukungan sejumlah pihak saat ini di Desa kami sudah mulai memanen pisang dan alhamdulilah hasil panen kami pun saat ini sangat memuaskan dan saat ini warga mulai berupaya berkebun pisang.”terang Asran.

Pantauan dilapangan hasil panen pisang Bukit Belah memang luar biasa, Ketua Komisi 1 Neko Wesha Pawelloy yang merupakan putra dari Bupati Lingga H Alias Wello dan Camat Singkep Barat Recky Sarman Timur tampak hadir bersama-sama warga saat meninjau dan memanen pisang di Desa Bukit Belah.

Penulis : Jon Cosmos

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here