DeputI IV, Purba Robert M Sianipar (sebelah kiri) menghadirkan Principal Geotechincal Enginer asal Australia bersama GeoInvestions dalam memaparkan kegiatan pematangan lahan dari mentah menjadi siap bangun pada Jum'at (17/03). Foto : Ist

BATAM, SIJORITODAY.com — Guna menjaga kesinambungan pembangunan infrastruktur dengan ekosistem alam agar tetap terjaga, BP Batam memperkenalkan konsultan dan assistance yang akan menjadi rujukan bagi kegiatan reklamasi di Batam kedepan dengan mengundang mitra atau investor yang melakukan kegiatan reklamasi atau pematangan lahan, pada Jum’at (17/3).

Hadir dalam kesempatan itu, Deputi IV Bidang Pengusahaan Sarana Usaha Lainnya, Purba Robert M Sianipar. Di ruang kerjanya, Robert menjelaskan tujuan digelar pertemuan ini adalah memberikan masukan bagi investor bagaimana produk dan metode yang dapat dilakukan untuk melaksanakan reklamasi dengan aman dan nyaman bagi masyarakat, reklamasi yang tidak menimbulkan dampak buruk pada lingkungan dan dilakukan dengan teknologi terkini serta dengan biaya yang ekonomis dan cepat pembangunannya.

“Zona reklamasi nantinya dikaitkan dengan fasos, fasum, drainase dll. Tujuannya adalah bagaimana reklamasi dapat dilakukan dengan aman bagi lingkungan sekitar,” kata Robert.

Barry Kok, Geotechnical Engineer di sebuah perusahaan konsultan pembangunan proyek infrastruktur kelas dunia asal Australia, Geo Inventions yang dihadirkan bersama Pimpinan lainnya mengatakan sejumlah poin penting yang harus dipertimbangkan dalam kegiatan reklamasi jangka panjang.

“Hal paling penting adalah bagaimana perusahaan anda dapat melakukan reklamasi, tetapi tidak mencemari lingkungan, dan dengan sistem GEO justru mampu meregenerasi Ekologi Maritim Lokal sehingga tetap terjaga dan berkesinambungan,” katanya dihadapan sejumlah investor dan pejabat di BP Batam.

Berdasarkan informasi yang dihimpun sijoritoday.com, tampak Barry Kok memaparkan bagaimana caranya agar konstruksi reklamasi tetap membuat alam sekitar aman dan terjaga, reklamasi yang mampu memberi efek regenerasi bagi Ekologi Maritim Lokal yang Sehat serta desain konstruksi yang kuat hingga tahan sampai lebih dari 100 tahun dengan biaya perawatan yang terjangkau.

Saat ini, metodologi reklamasi milik GEO Inventions telah mampu mereklamasi hingga kedalaman 20 meter tanpa mencemari kondisi air disekitarnya. Tercatat, GEO telah sukses menggunakan metodologi ini di Hongkong dan China. Sementara Ekosistem bawah laut tetap terjaga dan teregenerasi sempurna membuat kehidupan ekologi bawah laut berkembang dengan baik meski permukaannya dilakukan kegiatan reklamasi.

“Kami berharap presentasi tersebut dapat membuka wawasan bagi para kontraktor atau investor yang melakukan kegiatan reklamasi di Batam beralih ke metode reklamasi yang lebih ramah lingkungan,” tutup Robert, Deputi IV BP Batam.

Penulis : Putra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here