JuPe (Jurnalis Perempuan) Batam menggelar aksi bersih-bersih pantai dengan melibatkan instansi terkait di Pulau Belakangpadang pada Sabtu (18/03). Foto : red

BATAM, SIJORITODAY.com — Dalam memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Komunitas Jurnalis Perempuan (JuPe) Batam menggandeng sejumlah instansi untuk membersihkan sampah yang berada di bibir pantai Belakangpadang.

Kartika, Ketua Panitia dalam kegiatan bersih-bersih pantai tersebut mengatakan, kegiatan yang berlangsung pada Sabtu (18/03) ini diikuti instansi terkait seperti Batalyon Infanteri 10 Marinir/ SBY Batam, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kepri, Pertamina, Alfamart, Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Polsek Sekupang, Kecamatan Belakangpadang serta warga setempat.

“Kegiatan kita kali ini sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan. Kita pilih Belakangpadang karena pulau ini salah satu objek wisata yang sering dikunjungi wisatawan lokal dan mancanegara,” ujarnya.

Pada kesempatan ini, para sponsor kegiatan juga memberikan bantuan berupa tong sampah bekisar 50 unit. Serta spanduk dan poster himbauan.

Nantinya, sumbangan tersebut akan dibagi-bagikan di sekitar perumahan warga, pasar, sekolah serta instasi lainnya. Sekaligus menghimbau kepada masyarakat untuk tidak lagi membuang sampah dilaut.

“Kita ingin mensosialisasikan kegiatan ini. Laut bukanlah tong sampah, mari bersama-sama menjaga lingkungan kita,” katanya.

Pantauan sijoritoday.com dilapangan banyak sampah yang beserakan dilaut yang berada disekitar pelabuhan pulau Penawar Rindu tersebut. Hal itu terlihat dengan tujuh ton sampah yang terangkut dari hasil bersih-bersih yang dilakukan JuPe bersama Instansi Terkait.

Ditempat yang sama, Rizky selaku Kasubag pengawasan OJK Kepri, sangat mendukung kegiatan seperti ini. Bersenergi dengan dengan program pihaknya. Dalam aksi itu, OJK Kepri mengirimkan sekitar 11 orang perwakilannya.

“Kegiatan ini sebagai bentuk antusias bersama bukan saja JuPe, tapi semua elemen ikut bersama peduli akan lingkungan terutama masalah sampah laut maupun darat,” ungkapnya.

Sementara itu, Perwira Seksi Personalia Batalyon Infanteri 10 Marinir/ SBY Batam, Lettu M Rasyid, mengekspreasikan aksi bersih-bersihnya. Karena ini agenda rutin yang sering digelar oleh pihaknya juga.

“Kami berharap dengan adanya kegiatan ini dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat setempat agar tidak membuang sampah sembarang lagi,” tutupnya.

Penulis : Putra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here