Jambi dan Lingga terhubung kapal penyeberangan RORO. Foto : jon cosmos

LINGGA, SIJORITODAY.com– – Tekat Kabupaten Lingga membuka simpul-simpul perekonomian mulai terjawab salah satunya dengan beroperasinya kapal RORO KMP Muriya dengan rute Kuala Tungkal (Jambi) – Jago (Dabo Singkep).

Kehadiran kapal penyeberangan yang menghubungkan dua daerah bertetangga tersebut sudah lama di nanti-nanti masyarakat warga Dabo Singkep Kabupaten Lingga.

”Insya allah apabila tidak ada halangan tanggal 21 nanti pelayaran perdana Jagoh, Jambi sudah akan di mulai.”ujar Kepala Dinas Perhubungan dan Informatika Yusrizal SH Sabtu (18/3).

Menurut Yusrizal dengan adanya kapal RORO Jambi-Lingga diharapkan dapat membawa warna baru bagi perdagangan dan perekonomian di Kabupaten Lingga yang saat ini mulai bangkit.

Selama ini warga Kabupaten Lingga hanya mengandalkan barang-barang dari Batam atau Tanjung Pinang yang harganya jauh lebih mahal, padahal di Sumatra atau di Jawa barang-barang tersebut jauh lebih murah.

Dengan adanya RORO tersebut diharapkan dapat meningkatkan daya beli masyarakat apalagi jarak tempuh Jambi – Dabo hanya 6 sampai 7 jam.

”Kita berharap simpul perekonomian akan semakin terbuka dengan adanya kapal RORO ini.”imbuh pria yang pernah bertugas di Kabupaten Natuna ini.

Sementara itu, Mardian salah seorang warga Dabo menyampaikan rasa berterimakasih dengan upaya yang dilakukan Dinas Perhubungan Kabupaten Lingga. Selama ini Lingga terkesan lambat dalam melakukan pembangunan dan peningkatan perekonomian karena tidak tersedianya sarana trasportasi yang memadai.

Namun sejak Kadishub baru, Lingga mulai bangkit dalam transportasi dan memberikan sarana pilihan traspotasi yang di inginkan warga. Warga kabupaten Lingga tingal memilih transportasi yang dikehendaki.

Duhulu hanya ada dua armada kapal laut, sekarang sudah banyak hingga warga tinggal memilih mau naik yang mana.

”Trasportasi memegang peranan penting dalam pertumbuhan perekonomian dan hal inilah yang saat ini terus di lakukan pemerintah dan kami sangat berterima kasih.’’ terang Mardian.

Penulis : Jon Cosmos

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here