Abdul Ghani Atan Leman, anggota DPRD Kabupaten Lingga. Foto : jc

LINGGA,SIJORITODAY.com– – Perombakan komposisi anggota Komisi DPRD Kabupaten Lingga akan segera diputus pada pekan ini. Rencana perombakan tersebut disampaikan Anggota DPRD Kabupaten Lingga Abdul Gani Atan Leman dihadapan sejumlah media.

Politisi partai Demokrat tersebut menuturkan, terkait perombakan komisi atau pemilihan AKD di tahun ini sebagaimana ketentuan tata tertib yakni setiap 2,5 tahun harus dilakukan. Hal tersebut sebagai bentuk penyegaran diinternal komisi yang ada pada struktural DPRD Kabupaten Lingga.

“Perombakan ini sudah menjadi aturan kerja DPRD, dimana dalam seperdua masa periode harus rotasi komisi. Ini berlaku untuk DPRD seluruh Indonesia lah, dimana dalam 2,5 tahun harus rubah komisi”, terang Gani.

Tidak mustahil apabila komisi yang dianggap strategis akan menjadi sebuah rebutan. Bahkan untuk menentukan siapa yang akan menduduki pimpinan komisinya diperlukan lobi-lobi. Pemilihan juga akan ditentukan dari fraksi masing-masing.

DPRD Kabupaten Lingga terdiri dari 4 fraksi yaitu fraksi Golkar, fraksi Nasdem, fraksi Demokrat, dan fraksi PKS, Hanura, PPP, dan PKB.

“Anggota nanti dipilih dari fraksi, jadi disini ada 4 fraksi. Ini rombak semua 3 komis, artinya setiap anggota harus rotasi komisi”, imbuhnya.

Ditambahkan Gani yanag juga merupakan Ketua Laskar Merah Putih Kabupaten Lingga, dirinya tidak terlalu meributkan posisi itu, bahkan dia yang saat ini berada di Komisi III DPRD Lingga siap dimasukkan di komisi mana saja. Sebab pada prinsipnya menurut dia kader ditubuh Parpol dalam menduduki setiap komisi harus mampu bekerja lebih baik untuk mengawasi eksekutif Kabupaten Lingga.

”Ditempatkan di komisi mana saja saya siap, sebab sudah menjadi kewajiban dari wakil rakyat untuk mengetahui semua teknis bidangnya bekerja.”imbuhnya.

Sementara berdasarkan informasi yang berhasil diperoleh untuk jadwal perombakan komisi direncanakan akan dilakukan pada Senin besok di ruang parlemen DPRD Lingga.

Penulis : Jon Cosmos

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here