TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com – – Pesta Demokrasi dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018 mendatang sudah tidak lama lagi. Untuk itu, diharapkan Aparatur Sipil Negara (ASN) seluruh Kabupaten/kota di Indonesia dapat menjaga Netralitasnya dan tidak berpolitik.

Hal ini di himbau Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi (MenPAN-RB) Republik Indonesia Asman Abnur usai menghadiri acara Bakti Sosial Ikatan Keluarga Kijang Perantau (IKKP) Batam, Sabtu (15/04).

Asman menegaskan bahwa ASN adalah penyelenggara Negara yang harus fokus terhadap pekerjaannya bukan untuk berpolitik. Hal tersebut tertuang dalam Undang-Undang Aparatur Sipil Negara (ASN). Disebutkan pada Pasal 70 ayat (1), kampanye calon dilarang melibatkan aparatur sipil negara, anggota Polri dan TNI.

Selain itu, UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah juga menegaskan melarang aparatur sipil untuk terlibat dalam penyelenggaraan kegiatan pemilihan kepala daerah dan kegiatan kampanye, baik secara aktif maupun tidak aktif, langsung ataupun tidak langsung.

“Silahkan bertanding, menjaga keamanan dan ketertiba, perubahan pimpinan itu mungkin sudah biasa di Indonesia Kompetisi dalam merebut kepala daerah sesuai amanat demokrasi kita, tidak ada bermasalah,” ujar Asman Abnur.

Asman menyatakan dalam kompetisi kepala daerah sebelumnya, dan bagi ASN yang tidak terlibat dalam Politik Pilkada itu sudah bagus khusus Tanjungpinang.

“Tanjungpinang sudah bagus, teruslah berkompetisi dengan baik kedepannya,” ucapnya.

Penulis: Ambok

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here