BINTAN, SIJORITODAY.com – – Bupati Bintan H. Apri Sujadi, S.Sos menginginkan agar Badan Usaha Milik Desa ( BUMdes ) hendaknya dapat  menjadi sentra lokomotif bagi mengembangkan serta menggerakkan perekonomian disetiap desa . Hal itu dikatakannya saat meresmikan Pasar Desa belum lama ini di Kecamatan Tambelan , Sabtu pagi ( 29/4 ) .

Dalam sambutannya, Bupati Bintan H Apri Sujadi, S.Sos mengatakan bahwa Unit Usaha Pasar yang dikelola secara bersama melalui BUMdes Bersama yang diberi nama BUMdes Kandil Bahar hendaknya bisa mendorong sektor ekonomi kreatif masyarakat dalam usaha peningkatan sektor ekonomi secara bersama-sama . Dirinya juga mengharapkan agar pasar yang dibangun dan dikelola kedepannya hendaknya dapat menjadi sumber komoditi bagi kemajuan masyarakat desa dan daerah Tambelan.

“Hal ini merupakan sebuah upaya dari pemerintah daerah untuk mendorong sektor ekonomi kreatif  masyarakat , saya juga menginginkan agar BUMdes disetiap desa hendaknya bisa dioptimalkan menjadi sentra lokomotif dalam  merangsang pelaku ekonomi karena pasar merupakan tempat titik awal tumbuh dan berkembangnya sektor ekonomi, ” ujarnya .

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bintan Ronny Kartika yang ditemui di Kantor PMD Kabupaten Bintan , Bandar Sri Bentan , Selasa pagi ( 2/5 ) mengatakan bahwa terkait pengoperasian dan pengembangan BUMdes Bersama Kandil Bahar , untuk tahap pertama akan disertakan modalnya berkisar 30-50 juta rupiah dari setiap desa . Ditambahkannya juga , bahwa untuk pengembangan sektor BUMdes disetiap desa nantinya Pemerintah Daerah Kabupaten Bintan melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bintan akan memberikan bimbingan dan pembinaan sesuai dengan arahan dari Bupati Bintan H. Apri Sujadi, S.Sos .

“BUMdes Bersama Kandil Bahar ini baru saja di bentuk dari pengelolaan 7 desa yaitu desa batu lepuk , desa kampung melayu , desa kampung hilir , desa kukup , desa pulau mentebung, desa pulau pinang , serta desa pulau pengikik . Kita harapkan kedepannya hal ini akan mampu menjadi sentra perekonomian di Kecamatan Tambelan,” ujarnya.

Kabid Pengembangn Masyarakat Desa Dinas PMD Kabupaten Bintan Zamir Ambiya A Razak menambahkan bahwa target Pemerintah Daerah Kabupaten Bintan melalui Dinas PMD Kabupaten Bintan akan terus mendorong setiap desa agar memiliki dan mengembangkan sumber potensi desa dalam bentuk BUMdes yang diklasifikasikan melalui empat jenis bisnis yang bisa dikembangkan oleh BUMDes, antara lain: BUMDes yang bertipe serving ( Usaha ini memanfaatkan sumber daya lokal dan teknologi tepat guna, seperti usaha air minum desa dan usaha listrik desa ) , BUMdes yang bertipe banking ( menjalankan bisnis uang seperti bank desa atau lembaga perkreditan desa ) , BUMdes yang bertipe renting ( menjalankan bisnis penyewaan barang-barang seperti perangkat pesta, traktor, alat transportasi, ruko, dan lain sebagainya ) serta BUMdes yang bertipe brokering ( BUMdes yang  berperan sebagai lembaga perantara, seperti jasa pelayanan kepada warga maupun usaha-usaha masyarakat, misalnya jasa pembayaran listrik, jasa  memasarkan produk-produk yang dihasilkan masyarakat ).

“Kita sedang mengkaji dan melihat potensi setiap desa di Kabupaten Bintan . Ada 4 jenis klasifikasi BUMdes yang bisa kita arahkan dalam pengembangan dan kemajuan setiap sektor ekonomi desa dan itu akan kita sesuaikan dengan potensi disetiap desa,” tutupnya. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here