Pelabuhan RORO Penarik Kabupaten Lingga Terbakar. Foto : jk

LINGGA,SIJORITODAY.com– – Tim Labfor Mabes Polri di Medan, akan membantu pihak Polres Lingga mengusut kejadian kebakaran pelabuhan Roro Penarik Daek Lingga. Hal ini di sampaikan Kapolres Lingga AKBP, Ucok Kasdin Silalahi melalui Kanit I Polres Lingga Aiptu Hendri di ruang kerjanya berapa waktu lalu.

Menurut Aiptu Hendri dalam kasus terjadinya kebakaran Gedung Utama Kantor Pelabuhan Roro Penarik Daek Lingga yang terjadi beberapa waktu lalu mengakibatkan kerugian ratusan juta rupiah tersebut sangat minim saksi.

Para saksi yang mengetahui kebakaran tersebut berlangsung hanya melihat api yang sudah membakar bangunan tersebut.

’’Ada sembilan saksi yang sudah kita mintai keterangan dari keterangan para saksi mereka hanya mengetahui api tersebut membakar gedung, sedangkan penyebab atau rumber api para saksi tidak mengetahui.’’ujar Hendri.

Hal inilah yang menyebabkan pihak Polres Lingga meminta bantuan dari tim Labfor Mabes Polri yang berada di Medan Sumatera Utara. Api membakar bangunan kantor pelabuhan roro Selasa (9/5) sekitar pukul 23.00 WIB. Hingga saat ini polisi masih belum mengetahui penyebab kebakaran tersebut.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Lingga Yusrizal SH mengatakan, kebakaran tersebut terjadi diluar jam kerja petugas Dishub.

“Tidak ada seorang petugaspun di lokasi, karena kejadiannya di luar jam kerja. Pelabuhan ini tutup jam 16:30 WIB setiap harinya,” ujaranya.

Menurut Yusrizal, kebakaran yang terjadi di pelabuhan Roro Penarik diduga ada unsur kesengajaan. Karena tidak ada sumber penyebab yang memungkinkan api muncul di lokasi tersebut.

“Pelabuhan tersebut belum dilengkapi PLN, mesin genset hanya untuk keperluan MB atau kebutuhan turun naik jembatan. Tiap malam pintu pagar dikunci, karena belum ada penjaga malam. Anggota yang bertugas hanya 5 orang tenaga honor THL ditambah 1 orang PNS ( koordinator),” ungkapnya.

Penulis : Jon Kosmos

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here