Cucunya bernama Ambok Akok saat berfoto dengan neneknya Fuang Dak Bung di Kuala Tungkal, Jambi.

JAMBI, SIJORITODAY.com – – Seorang nenek yang tinggal dijalan Kihajar Dewantara RT 006, Kelurahan/Desa Patunas, Kecamatan Tungkal Hilir, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Jambi, bernama Fuang Dak Bung berumur 112 Tahun diduga sebagai wanita tertua di Jambi, Minggu (28/05/2017).

Berdasaarkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang dikeluarkan Pemerintah setempat Fuang Dak Bung lahir pada tanggal 15-07-1905 di Kuala Tungkal, Jambi.

KTP Fuang Dak Bung. Foto: Ambok Akok

Saat ini, suami maupun adik beradik Fuang Dak Bung sudah meninggal. Dari dua orang bersaudara, Fuang Dak Bung paling bungsu dan Fuang Dak Bung memiliki umur yang paling panjang diantara keluarganya.

Selain itu, Fuang Dak Bung yang bersuku Bugis ini memiliki delapan orang anak, diantaranya empat orang sudah meninggal dunia, sementara empat anaknya lagi masih hidup.

Fuang Dak Bung tinggal bersama anaknya yang bernama Ambok Iruk. Semangat Fuang Dak Bung untuk hidup, kata Ambok Iruk, sangat besar dia tidak pernah berputus asa meskipun dia sudah tua.

“Susahnya kalau sudah tua, jalanpun gemetaran,” ujar Ambok Iruk menirukan percakapan orang tuanya itu.

Hanya kata dia, Fuang Dak Bung pendengarannya sudah terganggu dia tidak dapat mendengar lagi, jika tidak didekatkan ditelinganya Fuang Dak Bung tidak dapat mendengar.

”Dia kalau makan, misalnya muntah dia tetap paksa untuk bisa menelan nasi dan hebatnya lagi, dia bisa tidak tidur dalam 3 hari berturut-turut,” jelasnya.

Penulis: Ambok Akok

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here