Pemilik lahan tahan sejumlah lori milik PT. Harap Panjang yang sedang melakukan pengerjaan proyek jalan, kabupaten Lingga Foto : jk

LINGGA, SIJORITODAY.com– – Wagiman warga Kelurahan Raya, Kecamatan Singkep Barat, Kabupaten Lingga merasa keberatan dengan aktivitas pekerjaan pengaspalan pelebara jalan yang sedang dikerjakan PT Harap Panjang sebab pihak perusahaan telah melakukan melanggaran janji yang sudah disepakati sebelumnya.

“Jika sampai hari Selasa nanti belum ada juga hasil atau kepastian dari pihak perusahaan maka saya akan melakukan aksi yang lebih besar lagi.’’ujar Wagiman, Jumat (26/5).

Pada hari Senin (22/05) yang lalu telah dilakukan pertemuan mediasi antara Wakiman sebagai pemilik lahan dengan pihak PT. Harap Panjang. Turut hadir dalam pertemuan tersebut Dinas PU, pihak perusahaan, pemilik lahan serta tokoh masyarakat.

Mediasi tersebut terjadi sebab PT. Harap Panjang dalam pengerjaan pelebaran jalan di Kelurahan Raya telah melakukan pengerukan disisi bukit dimana lahan berupa puluhan batang pohon karet milik Wagiman.

Dari hasil mediasi pihak perusahaan berjanji akan memenuhi permintaan pemilik lahan untuk menyelesaikan kesepakatan internal antara pemilik lahan dengan pihak perusahaan PT. Harap Panjang pada hari Rabu lalu.

Namun hingga hari Jumat, (26/05) pihak Perusahaan tidak menepati janji yang telah disepakati kedua belah pihak, sehingga pemilik lahan beserta warga berang dan menahan lori milik PT. Harap Panjang.

Sementara itu, Ketua Komisi I DPRD Lingga, Neko Wesha Pawelloy, yang datang kelokasi pelebaran jalan mengatakan, sebenarnya ini merupakan keteledoran dari pihak PU dan Perusahaan PT. Harap Panjang.

Seharusnya instansi yang terlibat di pembangunan ini harus duduk bersama sebelum melaksanakan pekerjaan.

“Ini merupakan keteledoran Dinas PU dan Perusahaan saja, karena tanpa ada koordinasi sebelumnya dengan pemilik lahan, seharusnya Dinas PU, pihak Perusahaan serta pemilik lahan bisa duduk bersama dalam penyelesaian masalah ini, sehingga tidak menimbulkan hal-hal yang tidak kita inginkan.” Kata Neko.

Penulis : Jon Kosmos

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here