TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com – -Awan yang kelabu memayungi langit Tanjungpinang. Hujan lokal diprediksi bakal terjadi di ibukota Provinsi Kepri hingga akhir bulan Juni 2017.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tanjungpinang Bintan, memprediksi cuaca dalam menjelang bulan lebaran mendatang dalam kondisi tidak teratur dibandingkan 2015 dan 2016. Namun, ada sejumlah hal yang perlu di waspadai dengan kondisi iklim yang tidak normal. antara lain potensi peningkatan jumlah titik panas dan dapat menimbulkan hujan lokal, dikarenakan saat ini Kepri dalam posisi angin selatan (elnino).

Bhakti Wira Staf Prakirawan BMKG Tanjungpnang-Bintan, saat diwawancarai awak Sijoritoday menjelaskan
kondisi yang tidak teratur kadang hujan, kadang panas dan kondisi
suhu 32 celcius dengan cuaca hujan rintik-rintik serta kecepatan angin 10-25 KM perjam, dari selatan ke tenggara hingga barat, daya dengan kondisi gelombang laut diperkirakan tinggi gelombang maksimum mencapai 0-1meter dan maksimum 0-2 meter, namun walaupun demikian tetap perlu diwaspadai.

“Kepri telah memasukin angin selatan, kondisi angin selatan yang akan berlangsung dari Mei hingga Agustus mendatang, namun kalau kondisi cuaca hujan tidak menentu,” pungkasnya.

Dihimbau bagi pengguna jalur transportasi laut dapat menggunakan kapal- kapal besar, saat mudik dan saat lebaran keluarga, yang mudik kepantai dengan kondisi angin selatan yang tidak normal harap mewaspadai dan mengantisipasi.

Penulis: Beto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here