TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com – -Insan Pers merupakan kaum intelektual yang butuh kompetensi, bukan hanya sekedar bisa menulis hasil liputan, tapi bagaimana agar dapat mengelolah berita untuk dikonsumsi masyarakat luas.

Ahmad Djauhar selaku Ketua Harian Serikat Perusahaan Pers (SPS) Pusat,
saat di jumpai awak Sijoritoday menyampaikan, kepada seluruh insan Pers agar tetap mematuhi edaran ketentuan yang dibuat oleh Dewan Pers.

“Wartawan tidak boleh meminta uang transportasi apalagi menuntut, ini akan membuat citra Wartawan jadi buruk, soalnya dimata masyarakat Wartawan itu adalah profesi terhormat,” ujarnya.

Dia mencontohkan, adanya kasus seorang Tukang Tambal Ban yang menjadi Wartawan, namun belum memiliki kompetensi jadi Wartawan. Akhirnya, beritanya pun belum layak untuk dikonsumsi masyarakat sehingga merujuk pada pemberitaan hoaks. Tentunya, profesi Wartawan secara tidak langsung telah tercontreng dimata masyarakat.

“Saya himbau kepada Perusahaan Pers jika menggaji Wartawannya, iya harus diatas UMK rata-rata dan jika hanya bermodalkan Kartu Pers itu adalah penistaan, karena pekerjaan Pers ini adalah pekerjaan yang mulia,” imbaunya.

Penulis: Beto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here