BINTAN, SIJORITODAY.com – – Rapat penyusunan tersebut berlangsung selama satu hari, di ikuti sebanyak 15 OPD se kabupaen Bintan dan dihadiri oleh kepala OPD, sekretaris dan Kasubag Program.

Kegiatan ini mengacu pada peraturan Presiden Republik Indonesia nomor 29 Tahun 2014 tentang sistem akuntabilitas kinerja instansi Pemerintah (SAKIP) dan peraturan Menteri pendayagunaan aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia nomor 53 Tahun 2014 tentang petunjuk teknis perjanjian kinerja, pelaporan kinerja dan tata cara review atas laporan kinerja Instansi Pemerintah.

Yang disebutkan Bahwa Akuntabilitas kinerja adalah perwujudan kewajiban suatu instansi Pemerintah, untuk mempertanggung jawabkan keberhasilan/kegagalan pelaksanaan program dan kegiatan yang telah diamanatkan para pemangku kepentingan dalam rangka mencapai misi Organisasi secara terukur dengan sasaran/target kinerja yang telah ditetapkan melalui laporan instansi Pemerintah yang secara periodik.

Sementara itu, Kepala Bagian Organisasi Setda Kabupaten Bintan Dahlia Zulfah menyampaikan, kegiatan ini menghadirkan nara sumber dari Kemenpan RB yaitu, Kabid Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi Bapak Budi Prawira.

Menurutnya , Beberapa Indikator Kinerja disampaikan melalui Perencanaan RPJMD, serta penyusunan Kinerja ( PK ) dan Laporan Kinerja harus sejalan agar tetap mendapatkan penilaian yang baik.

“Kita harapkan kegiatan ini dapat memberikan kemudahan dalam menyampaikan indicator kinerja terutama dalam penyusunan RPJMD dan pelaporan setiap OPD,“ ujarnya.

Wakil Bupati Bintan Dalmasri Syam membuka kegiatan sekaligus menyampaikan dan mengajak semua kepala organisasi perangkat Daerah (OPD) beserta jajarannya untuk mendukung semoga penilaian laporan hasil evaluasi atas Akuntabilitas kinerja Instansi Pemerintah Kabupaten Bintan memperoleh nilai di atas nilai B. Karena sudah 3 tahun berturut turut telah mendapatkan laporan hasil Evaluasi Akuntabilitas Instansi Pemerintah.

Dalmasri mengatakan, Kabupaten Bintan mendapatkan nilai B dari tahun 2014, 2015 dan tahun 2016. Dalmasri berharap semoga untuk penilaian di tahun 2017 Pemerintah Kabupaten Bintan mendapatkan nilai yang lebi baik lagi.

“Kita harapkan agar kegiatan bisa bermanfaat , tidak saja bagi peningkatan kinerja pelaporan setiap OPD namun juga menciptakan pemerintahan yang lebih baik kedepannya,“ ujarnya sembari membuka kegiatan.

Dalam hal tersebut, kata Dalmasri, harus mengawali niat yang baik, karena menyangkut dengan kinerja dan anggaran, ingin membangun kinerja Kabupaten Bintan yang baik untuk kepentingan masyarakat, semua harus terencana dan terukur agar dalam peningkatan kualitas. laksanakan dengan baik, semua hak harus di peroleh demi untuk meningkatkan kinerja yang lebih baik lagi.

“Mudah-mudahan kedepan pemerintah Kabupaten bintan lebih baik lagi dan mari bersama-sama utk membangun agar menuju Bintan yang gemilang,” ujar dia lagi. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here