Uji trampil Glagaspur Pangkalan Tingkat I /P1 , Tingkat II / P2  bagi personel Lanal DaboSingkep, Kamis (28/7). Foto : ist.dok

LINGGA, SIJORITODAY.com– -Dalam rangka mengetahui kesiapan prajurit Lanal Dabo Singkep dalam melaksanakan tugas sehari-hari serta melihat kemampuan serta kesiapan prajurit menghadapi keadaan darurat. Lanal Dabo Singkep melaksanakan kegiatan uji trampil Glagaspur Pangkalan Tingkat I /P1 , Tingkat II / P2  bagi personel Lanal DaboSingkep, Kamis (28/7).

Latihan yang langsung dipandu tim penilai dari Kolatarmabar yang dipimpin Letkol Laut (P) Taman Sembiring, diikuti oleh seluruh personil anggota Lanal Dabo Singkep.

Dalam latihan tersebut sejumlah penilaian dilakukan mulai dari PDD ( Peraturan Dinas Dalam) Khas TNI AL, sistem Komunikasi, Kebaharian, Software/Hardware, Ujian Tulis Kekamlaan, SAR, Embarkasi/ Debarkasi peran pertambahan pangkalan dan lain-lain.

Komandan Lanal Dabo Singkep Letkol Laut (P) Agus Yudho Kristianto, M.Tr.Hanla kepada sejumlah wartawan menerangkan bahwa latihan tersebut dilaksanakan berdasarkan Program kerja Kolatarmabar dan Program Kerja Lanal Dabo Singkep T.A 2017.

‘Kegiatan ini untuk mengetahui sejauh mana kemampuan Prajurit Lanal Dabo Singkep dalam memahami dan mentaati Peraturan Dinas Dalam Khas TNI AL, dalam kehidupan sehari hari, melatih ketrampilan Kebaharian dan mengirim berita dengan sarana komunikasi, kecakapan dalam baris berbaris, kecakapan dalam penggunaan senjata, kelengkapan software masing-masing bagian.”ujarnya.

Ditambahkan Dan Lanal Dabo, tidak kalah penting adalah menguji kesiapan prajurit pada saat terjadi keadaan darurat seperti Huru Hara yang membutuhkan kesigapan prajurit.

Dalam latihan tersebut juga diperagakan terjadinya serangan udara dari pesawat tempur musuh terhadap Pangkalan Lanal Dabo Singkep. Sejumlah prajurit dengan sigap langsung mengamakan gedung yang terbakar di pangkalan serta melakukan evakuasi medis dari pangkalan menuju Rumah Sakit terdekat saat ada korban.

’’Kegiatan uji trampil Glagaspur Pangkalan Tingkat I /P1 , Tingkat II / P2  dilaksanakan secara bergantian bagi personel TNI AL Jajaran Lantamal IV dan khususnya di Lanal Dabo Singkep akan berlangsung sampai Dengan Hari Sabtu tanggal 29 Juli 2017.”imbuh mantan Komandan KRI Sambu ini.

Penulis : jon kosmos

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here