Kapolda Kepri, Irjen Pol. Sam Budigusdian, foto: Humas Polda Kepri

BATAM, SIJORITODAY.com – – Pihak Kepolisian Daerah Kepulauan Riau akan mengamankan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018 di Tanjungpinang. Hal itu disampaikan Kapolda Kepri, Irjen Pol. Sam Budigusdian diacara Anev kinerja Polda Kepri semester I Tahun 2017 dan Kesiapan pengamanan Pilkada 2018 Kota Tanjungpinang, bertempat di Graha Lancang Kuning Polda Kepri, Batam, pada Selasa (15/08/2017).

“Karena ini Pilkada satu-satunya di Kepri, maka akan kita jaga sebaik baiknya jangan sampai hal sekecil apapun menjadi besar yang dapat menganggu ketertiban di Kepri,” kata Sam.

Menurutnya, KPU Kota Tanjungpinang tetap harus dijaga agar KPU dapat berkerja dengan maksimum selama satu tahun dalam menjalankan proses Pilkada dengan sukses.

Polda Kepri juga mengawasi semua tahapan Pilkada agar sesuai dengan peraturan yang berlaku. Kapolda juga meminta kepada KPU Kota Tanjungpinang untuk bekerja dengan baik agar proses Pilkada nanti dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Ketua KPU Tanjungpinang, Robi Patria, (Tengah), foto: Humas Polda Kepri

Ditempat yang sama, Ketua KPU Kota Tanjungpinang, Robby Patria memaparkan sejumlah tahapan pilkada yang mengacu kepada Peraturan KPU No 1 Tahun 2017 tentang Tahapan Pilkada.

Disebutkan, proses rawan dalam Pilkada 2018 adalah pada saat pendaftaran calon, penetapan calon, proses penetapan DPT, proses pemungutan suara, rekapitulasi di TPS, kecamatan sampai ditingkat KPU kota. Kemudian tahapan kampanye calon dimulai sejak Februari hingga 24 Juni 2018 juga merupakan proses yang rawan yang harus mendapatkan perhatian dari Polri.

“Alhamdulillah Kita sudah berkoordinasi dengan Polres Tanjungpinang terkait tahapan tersebut.Dan Polres maupun Polda akan menjaga proses berlangsung baik,” kata Robby. (*)

Editor: Akok

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here