TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com – -Beragam opini yang telah beredar di media sosial menimbulkan spekulasi politik mengenai pasangan sang petahan H. Lis Darmansyah di Pilwako 2018 mendatang.

Terhendus kabar, bahwa sang petahana H. Lis Darmansyah bakal menggandeng Maya Suryanti sebagai calon Wakil Walikota Tanjungpinang. Maya Suryanti merupakan anak dari H. Suryatati Amanan (Mantan Walikota Tanjungpinang).

Ditanggapi dari Ketua Fraksi PDI Perjuangan, M.Syahrial mengatakan, terkait beredarnya kabar tersebut dirinya maupun diinternal DPC PDI Perjuangan Kota Tanjungpinang belum dapat berbicara soal siapa bakal calon Wakil Walikota untuk mendampingi petahana H. Lis Darmansyah di Pilwako 2018.

“Nama-nama bakal calon Wakil Wali Kota Tanjungpinang yang mendaftar di DPC PDI Perjuangan Tanjungpinang belum dapat dibeberkan dan saya belum berani berkata apapun mengenai Maya Suryanti,” ujar M. Syahrial, Kamis (24/08/2017).

Sementara itu, pengamat politik di Tanjungpinang, Endri Sanopaka mengatakan, memilih calon Wakil Walikota juga menjadi bagian strategi dan kalkulasi dari seorang calon Walikota termasuk Lis Darmansyah. Ditambah lagi, ketika Lis dan Syahrul kini dipastikan akan berpisah. Tentunya, H Lis Darmansyah akan mencari pasangan yang elektabilitasnya bisa mendongkrak perolehan suaranya pada saat pemilihan nanti.

“Barangkali kalkulasi politik dari Lis Darmansyah melihat bahwa berpasangan dengan Maya akan dapat melampaui tingkat elektabilitasnya saat melawan pak Syahrul,” ujarnya.

Endri sapaan akrabnya menilai, bahwa memilih Maya sebagai Wakil Walikota merupakan pilihan strategi yang cukup jitu.

“Jika kita melihat hasil Pilwako sebelumnya Maya juga punya suara yang signifikan pada saat itu. Nah jika digabungkan antara Lis dan Maya tentu kalkulasinya diatas kertas akan cukup signifikan,ditambah faktor gender tentu akan berpengaruh terhadap pemilih perempuan,” terang Endri.

“Namun namanya politik itu dinamis,perlu kerja ekstra juga dari Maya Suryanti karena selama beberapa tahun terakhir pasca pilwako,maya tidak sepenuhnya merawat pemilihnya. Jadi harus mengulang kembali,tapi tidak akan sulit untuk mengingatkan kembali sosok maya kepada publik,” tutupnya.

Penulis: Akok

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here