TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com – -Sekretaris Daerah Provinsi Kepri TS. Arif Fadillah menghadiri pelantikan anggota panitia pengawas pemilu (Panwaslu) Kabupaten dan Kota yang akan bertugas dalam pemilihan Walikota dan Wakil Walikota tahun 2018, pemilihan DPR, DPR dan DPRD serta Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019.  Pelantikan dilakukan di Hotel CK, Tanjungpinang, Sabtu (26/8).

Pada kesempatan ini Sekda mengatakan bahwa peran Panwaslu sangat penting dalam pengawasannya untuk mewujudkan Pemilu yang adil, netral dan transparan.

“Tujuannya kembali kepada mayarakat, mereka tentu ingin pemilu dapat berjalan lancar. Maka sebagai panitia pengawas tentu tugas yang berat sudah didepan mata, untuk itu mari wujudkan pemilu yang diinginkan masyarakat,” ujar Arif dalam sambutnnya.

Sekda berharap berjalannya pesta demokrasi baik tahun 2018 dan 2019 nanti dapat terlaksana dengan lancar. Aris berpesan agar terus menjalin kebersamaan dalam bekerja,saling bahu membahu dalam bertugas.

“Ini bukan pekerjaan yang mudah, anggota terpilih disini merupakan yang terbaik dari seleksi yang telah diikuti. Kami Pemerintah siap membantu dan mendukung tim Panwaslu, untuk itu tetap jalin koordinasi yang baik dan lancar,” tutup Arif.

Pembentukan Calon anggota Panwaslu sendiri sudah dimulai sejak Senin (12/6), perekrutan tersebut masing-masing 3 orang komisioner Panwaslu per kabupaten/kota. Bawaslu Kepulauan Riau sendiri membagi 2 tim untuk seluruh kabupaten/kota di Kepri.

Untuk tim A, pemilihan Panwaslu Kota Batam, Karimun dan Natuna, tim panselnya diketuai oleh Dr. Sri Langgeng Ratnasari, SE., MM. Sedangkan untuk tim B, untuk pemilihan panwaslu Tanjungpinang, Bintan, Anambas, Lingga, ketuanya adalah Nikolas Panama, SH., M.Pd.

Adapun Sesuai dengan Surat Keputusan Bawaslu Kepulauan Riau Nomor: 20/Bawaslu-KR/HK 01.01/08/2017 tentang anggota Panwaslu Pemilihan Umum Walikota dan Wakil Walikota Tanjungpinang Tahun 2018 adalah Muhammad Zaini, M.KOM, Mariyamah, M.Pd.I dan Sulbi, ST.

Kemudian Sesuai dengan Surat Keputusan Bawaslu Kepulauan Riau Nomor: 21/Bawaslu-KR/HK 01.01/08/2017 tentang anggota Panwaslu Kabupaten/Kota Se-Provinsi Kepri Pemilihan Umum DPR, DPD dan DPRD serta Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019 dengan nama sebagai berikut, untuk Kota Batam adalah Nopialdi, SE. Puryadi dan Suryadi, S.I.P. Lalu untuk Kabupaten Bintan adalah Dumranto Situmorang, ST.

Febriadinata, ST dan Ondi Dobi Susanto, SE. Untuk Kabupaten Karimun adalah Mohammad Fadli, Nurhidayat, S.Sos dan Tiuridah Silitonga.

Selanjutnya untuk Kabupaten Anambas adalah Liber Simaremare, Rangga Adi dan Yopi Susanto, SE. Lalu untuk Kabupaten Lingga adalah Ardhi Auliya, Jaswir dan Zamroni, dan untuk Kabupaten Natuna adalah Ayanef Yulius, Khairur Rijal dan Lindawati.

Ketua Bawaslu Provinsi Kepri Razaki Persada dalam sambutannya mengatakan dalam rangka penyelenggaaan pemilihan umum baik Pilwako Tanjungpinang Tahun 2018 juga Pemilu serentak DPR, DPD dan DPRD serta Presiden Tahun 2019 mendatang maka tiap-tiap daerah harus segera membentuk tim pengawas yang memiliki tugas yang sangat penting dalam berjalannya pemilu dengan lancar dan aman.

“Sesuai amanat UU Nomor 7 Tahun 2017, maka Bawaslu harus membentuk tim Panwaslu yang berkompeten dan profesional, kita sadari bahwa fungsi pengawasan sangat penting dalam berjalannya Pemilu yang berkualitas,” ujar Razaki.

Razaki melanjutkan bahwa anggota yang terpilih inilah yang terbaik dari awal penyaringan dari setiap tahapan seleksi yang telah dijalankan.

“Bukan karna titipan maupun tekanan dari pihak tertentu, semua yang ikut pada seleksi ini sesuai dengan aturan yang berlaku tentu kami yakin dan percaya anggota terpilih inilah dapat melaksanakan tugas dengan tanggungjawab yang telah diemban saat ini,” lanjut Razaki

Penulis: red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here