TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com – – Proses pemilihan Wakil Gubernur (Wagub) Kepri terhadap dua bakal calon Wagub Kepri yakni Isdianto – Agus Wibowo dipastikan akan terus berjalan di Panita Pemilihan (Panlih).

Hal ini diungkap oleh Ketua Panitia Pemilihan (Panlih) Wakil Gubernur Kepri, Hotman Hutapea di ruang rapat Panitia Pemilihan Wagub Kepri, di Kantor DPRD Kepri lantai 2, Dompak, Tanjungpinang, Senin (11/09/2017).

Hotman mengatakan, Gubernur Kepri Nurdin Basirun tidak punya dasar untuk menarik dua nama bacawagub, kecuali ada keputusan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Tanjungpinang yang menyatakan bahwa proses pemilihan Wagub Kepri ini harus dihentikan.

“Kecuali 5 partai pengusung ingin menarik, PP nya itu berbunyi, partai pengusung menyerahkan dua nama ke DPRD melalui Gubernur. Jadi yang punya nama itu partai pengusung, bukan Gubernur yang punya nama-nama itu, dan ketika dua nama itu diserahkan ke kami, kami proses,” ujarnya.

Saat ini Panlih masih memproses dua bakal calon Wagub Kepri, yang nantinya kata Hotman, Panlih akan mengumumkan persyaratan-persayaratan yang harus dilengkapi kepada Isdianto dan Agus Wibowo.

“Dari mana mereka tau gak lengkap persyaratan, kami belum kasih persyaratannya ke mereka, nanti kami akan memberitahu persayaratannya kepada bacawagub berdasarkan ketentutan yang berlaku,” urainya.

Hotman menambahkan, sesuai dengan Tata Tertib (Tatib) Pemilihan Wagub Kepri, bahwa rapat dari Gabungan partai pengusung atas usulan dua nama bacawagub cukup dibuktikan dengan berita acara.

“Jadi partai pengusung cukup buat berita acara untuk berikan ke kami, selama belum ada keputusan pengadilan untuk berhenti diproses, kita tidak akan berhenti,” pungkasnya.

Untuk diketahui, salah satu partai pengusung sanur, PKB Provinsi Kepri tidak menyetujui ataa usulan Agus Wibowo menjadi bacawagub Kepri. Kemudian PKB Provinsi Kepri menggugat Gubernur Kepri di PTUN Tanjungpinang mengenai surat Gubernur nomor 122/D736/SET tentang penyampaian usulan calon Wakil Gubernur Kepulauan Riau.

Penulis: Akok

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here