Ilustrasi Berkas CPNS, foto: (net. ist)

JAKARTA, SIJORITODAY.com – – Adanya beberapa kendala yang terjadi atas pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahap ke II yang telah teridentifikasi yang perlu disampaikan kepada penduduk.

Berdasarkan surat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia Nomor: 800/11140/Dukcapil tanggal 15 September 2017 yang ditanda tangani Direktur Jendral (Ditjen) Kependudukan dan Catatan Sipil Kemendagri, Prof. Dr. Zudan Arif Fakrulloh, SH. MH, berisikan beberapa kendala yaitu, penduduk telah memiliki Nomor Kartu Keluarga (KK) baru, namun masih mendaftar menggunakan Nomor KK lama.

Kemudian, penduduk pindah datang tidak melapor dan tidak sesuai prosedur yang berlaku dan NIK tidak ditemukan, sedangkan yang bersangkutan telah memiliki KTP Elektronik.

Adapun solusinya, agar penduduk memasukkan NIK dan Nomor KK baru atau NIK dan NIK Kepala Keluarga.

Namun, apabila masih terjadi kendala, penduduk dapat menghubungi: Call Center Ditjen Dukcapil (1500537), WA/SMS (08118005373), atau imel callcenter.dukcapil@gmail.com dengan menyertakan Nomor Handphone atau nomor yang dapat dihubungi.

Berdasarkan laporan kendala yang menyebut bahwa penduduk pindah datang tidak melapor dan tidak sesuai prosedur yang berlaku, Tim Ditjen Dukcapil Kemendagri memfasilitasi penyelesainya dalam kerangka Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK).

Kemudian tim akan menginformasikan kepada yang bersangkutan untuk mendaftar kembali dan apabila masih terdapat kendala dapat menghubungi tim kembali.

Surat tersebut tertuju kepada Gubernur KDH Provinsi se Indonesia dan ditembuskan kepada Menteri Dalam Negeri (Sebagai Laporan), dan Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Penulis: Akok

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here