TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com – – PLN siap mengoperasikan mesin pembangkit tambahan 500 kilo Watt di Pulau Kelong, Kepulauan Riau. Dengan tambahan pasokan daya ini, PLN siap melistriki 162 Kepala Keluarga yang belum menikmati listrik agar rasio elektrifikasi di Pulau Kelong bisa 100 %.

Hal tersebut diutarakan General Manager PLN Wilayah Riau dan Kepulauan Riau M. Irwansyah Putra saat mengunjungi Pulau Kelong.

Menurut Irwansyah, saat ini pasokan listrik untuk Pulau Kelong sebenarnya sudah cukup untuk melayani 508 pelanggan dengan mengoperasikan 5 mesin dengan daya mampu pasok sebesar 730 kW, meskipun  beban puncak saat ini baru mencapai 380 kW.

“Penambahan mesin baru berkekuatan 500 kW tentunya akan meningkatkan daya mampu menjadi 1.230 kilo Watt. Selain untuk memenuhi tambah daya pelanggan yang ada seperti pabrik es dan PDAM, juga memenuhi kebutuhan calon pelanggan baru seperti perusahaan pengalenggan ikan,” ungkapnya.

Pemasangan unit pembangkit bermesin diesel dengan kapasitas 500 kW ini terhitung cepat. Membutuhkan waktu  selama 20 hari terhitung sejak mesin tersebut  tiba di lokasi.

“Prosesnya lebih cepat 10 hari dari yang direncanakan. Bahkan hingga saat ini mesinnya sudah beroperasi 7 hari tanpa mengalami gangguan mesin. Harapan kami  dan doa seluruh warga mesin ini nantinya handal tidak mengalami gangguan yang signifikan,” pungkas Irwansyah.

Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun merasa bangga dan mengucapkan teima kasih kepada PLN atas selesainya penambahan 1 unit pembangkit bertenaga Diesel dengan kapasitas 500 kW.

Dengan penambahan daya menjadi 1.230 kW, Nurdin Basirun mengajak seluruh warga untuk memanfaatkan kelebihan pasoan listrik guna meningkatkan taraf hidup keluarga , menjadikan cahaya listrik di malam hari untuk belajar ilmu pengetahuan dan teknologi, belajar mengaji sehingga nantinya anak anak di Pulau Kelong bisa bekerja di Industri, ada yang jadi dokter , perawat dan hafish Quran . (Akok)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here