TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com – -Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kota Tanjungpinang dalam rangka peringatan HUT Kota Otonom Tanjungpinang ke 16 tahun, mengusung tema “Bersatu dalam keragaman, membentuk generasi yang berkatakter”, Selasa (17/10/2017).

Dalam sambutannya, Ketua DPRD Kota Tanjungpinang Suparno mengatakan, Kota Tanjungpinang telah banyak berkembang dan secara strategis sangat bagus untuk meningkatkan pariwisata.

“Tanjungpinang secara fisik sudah berkembang, dan pemerintah dituntut bekerja keras dalam memenuhi kebutuhan sosial masyarakat,” kata Suparno saat membuka paripurna, di Gedung DPRD Kota Tanjungpinang Senggarang.

Sedangkan Walikota Tanjungpinang Lis Darmansyah dalam pidatonya menjelaskan, makna yang terkandung dalam tema adalah gambaran komitmen bersama untuk menjadikan keragaman sebagai suatu harmoni untuk bahu membahu dan bergandengan tangan membangun generasi yang sadar akan nilai kehidupan bersama, sadar akan kelebihan dan kekurangan diri, memiliki kemampuan, dan kebiasaan yang baik, cerdas, serta mampu berpikir dan bertindak positif.

“Untuk itu diharapkan, mampu menghasilkan generasi yang kreatif dalam menghadapi tantangan arus budaya global, selalu mempunyai empati tinggi, memiliki kejujuran dan kesetiaan, tidak mengenal lelah, tidak sombong, dan jauh dari rasa jenuh untuk mewujudkan tujuan yang hendak dicapai menuju Tanjungpinang yang sejahterah,” ujar Lis.

Lis melanjutkan, dalam kurun waktu pelaksanaan RPJMD Kota Tanjungpinang tahun 2013-2018 Pemerintah Kota Tanjungpinang telah melakukan beberapa kebijakan starategis yang mendukung pencapaian visi dan misi kebijakan dan capaian kinerja tersebut adalah, pertama peningkatan pelayanan dasar publik yang responsif dan melayani dalam bidang Kesehatan, Bidang pendidikan, Bidang pelayanan perizinan dan non perizinan.

Kemudian Prioritas pembangunan berikutnya adalah mewujudkan transparansi dan akuntabilitas pembangunan, dan meningkatkan kinerja pendapatan dan pengelolaan keuangan daerah serta peningkatan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat.

Selain itu, Pemerintah Kota Tanjungpinang selama ini sudah menunjukan tranparansi dalam pengelolaan keuangan. Pemerintah juga mengembangkan bidang teknologi berdasarkan prioritas daerah. Apalagi pertumbuhan ekonomi Tanjungpinang masih diatas rata-rata pertumbuhan ekonomi di Kepri.

“Kami terus melakukan promosi wisata Kota Tanjungpinang, walau kondisi saat ini sangat sulit. Tapi Tanjungpinang berhasil bertahan dengan pertumbuhan ekonomi masih diatas rata-rata Kepri,” ucap Lis.

Sementara, Sekda Kepri, TS. Arif Fadillah mengatakan, sejarah Kota Tanjungpinang sangat banyak dari menjadinya Ibu Kota Provinsi Riau hingga menjadi Kota Otonom sebagai Ibu Kota Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) saat ini.

“Tanjungpinang saat ini telah banyak kemajuan, tentunya kedepan Pemerintah Kota Tanjungpinang bisa lebih bersinergi ke Pemerintah Provinsi Kepri dalam membangun Kota Tanjungpinang,” jelas Arif.

Penulis: Akok

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here