TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com – -Gubernur Kepri Nurdin Basirun meminta masyarakat Kepri bersama-sama menjaga pelaksanaan Pilwako Tanjungpinang yang berlangsung tahun 2018 nanti. Gubernur yakin pelaksanaan Pilwako Tanjungpinang bisa berlangsung aman dan demokratis. Harapan itu disampaikan Nurdin saat menghadiri Apel Kasatwil Jajaran Polda Kepri dengan tema Polda yang Promoter Siap Mengamankan Pilkada Tahun 2018″ Selasa (17/10) di Mapolda Kepri, Batam.

“Saya yakin dengan masyarakat saya bisa menjaga dan melaksanakan Pilwako Tanjungpinang dengan baik. Secara aman dan demokratis. Negeri ini milik kita bersama dan semua kita wajib menjaga ketenangannya. Pilkada ini pesta rakyat, maka gunakan hak dengan baik,” ujar Nurdin.

Nurdin juga berpesan agar masyarakat, baik individu maupun kelompok jangan menebar berbagai bentuk kebencian yang bisa mengakibatkan perpecahan dan kekacauan. Jalin komunikasi dan lakukan koordinasi dengan baik sehingga kondusifitas terjaga.

“Saya berterima kepada Kapolda Kepri yang sudah memulai kegiatan persiapan pengamanan Pilwako Tanjungpinang ini lebih awal. Dengan begitu jauh-jauh hari masyarakat sudah mengetahui berbagai persiapan keamanan yang dilakukan Polda Kepri menjelang Pilkada 2018 nanti. Dan Pesta demokrasi ini bisa dilaksanakan jauh lebih baik dengan berbagai persiapan yang dilakukan. Mari kita jadikan Pilkada 2018 ini sebagai ajang silahturrahmi,” kata Nurdin.

Turut mendampingi Gubernur Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kependudukan dan Catatan Sipil (DPMD Dukcapil) Kepri Sardison, Kepala Badan Kesbangpol Kepri Syafri Salisman, Kepala Biro Perekonomian Kepri Haryono, dan Kabag Humas Setda Kepri Zulkifli.

Sementara itu Kapolda Kepri Brigjen. Pol. Sam Budigusdian mengatakan Apel Kasatwil Jajaran Polda Kepri dengan tema Polda yang Promoter Siap Mengamankan Pilkada Tahun 2018 ini merupakan tindak lanjut dari apel Kasatwil 2017 yang dibuka Presiden Joko Widodo di Akademi Kepolisian (Akpol) Semarang, Senin (9/10) kemaren. Apel tersebut merupakan apel Pengamanan Pemilukada 2018 secara menyeluruh, termasuk di Tanjungpinang.

Pada kesempatan tersebut Polda Kepri juga melaksanakan diskusi panel yg berkaitan dengan penyelenggaraan pemilukada di Tanjungpinang dengan narasumber terkait seperti Bawaslu dan KPU.

“Tujuan apel dan seminar ini sebagai bentuk sosialisasi dan kesamaaan pola pikir dan pola sikap dalam penyelengaraan Pilwako Tanjungpinang. Sehingga kita bersama pemerintah daerah, pihak keamanan, masyarakat mampu mengelola Kantibmas dan terwujudnya Kantibmas yang baik. Dan melihat kesiapan Polres Tanjungpinang dalam menghadapi Pilwako nanti tentunya,” jelas Sam.

Atas nama kesamaan niat dan sikap itulah, lanjut Sam, Polda Kepri meminta arahan Gubernur dan menghadirkan pihak terkait seperti Bawaslu dan KPU. Sam mengaku lega karena Gubernur siap memback-up penyelenggaraan pilwako nanti. Begitu juga dengan Bawaslu dan KPU.

“Semoga tujuan kita tercapai yakni meminimalisir gangguang kantibmas pada Pilwako Tanjungpinang nanti. Masyarakat Kepri juga semakin cerdas dalam menghadapi Pilkada,” tambahnya.

Untuk jumlah personil keamanan, menurut Sam seperti standar keamanan Pilkada, yakni 2/3 dari jumlah penduduk, ditambah dari Brimob dan TNI kalau dibutuhkan. Acara Apel Kasatwil Polda Kepri juga terhubung langsung dengan Polres Se-Kepri. (Umil/Hum)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here