Foto : ist

NATUNA, SIJORITODAY.com– – Memperingati Hari Guru Nasional (HGN) yang disejalankan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Persatuan Guru Indonesia (PGRI) yang ke-72 tahun 2017, Pemerintah Kabupaten Natuna menggelar upacara peringaran HGN bertempat di halaman Kantor Bupati Natuna, selasa (28/11) pagi.

Upacara yang bertemakan “Membangun Pendidikan Karakter Melalui Karya Guru dan Tenanga Pendidikan” diikuti seluruh guru tingkat TK, hingga tingkat SLTA, para PNS, para PTT, serta diikuti sejumlah guru Indonesia mengajar. Inspektur Upacara dipimpin langsung Bupati Natuna Drs. H. Abdul Hamid Rizal.

Upacara diawali dengan pembacaan UUD 1945, dan pembacaan ikrar Guru Indonesia oleh salah satu Guru, dan dilanjutkan dengan pembacaan pidato dari Menteri Pendidikan dan Olahraga Muhajir Efendi yang di sampaikan oleh Bupati Natuna H. Abdul Hamid Rizal

Dalam Pidatonya Menteri Pendidikan dan Olahraga Muhajir Efendi yang dibacakan o Bupati Natuna H. Abdul Hamid Rizal mengatakan, terkait tema HGN tahun 2017 merupakan program prioritas presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam Nawa Cita yang dicanangkan bahwa pemerintah akan melakukan revolusi karakter bangsa.

“Revolusi ini dapat berhasil secara efektif bika guru menjadi duta pendidikan karakter bagi anak didiknya melalui implementasi keseharian diruang kelas maupun dilingkungan sekolah”, dikatakan Muhajir dalam teks pidatonya.

Di era globalisasi ini, Menteri Muhajir berharap segala tekhnologi dapat digunakan secara positif oleh setiap seluruh anak didik Indonesia maupun para guru-guru dalam memperoleh informasi.

“Setiap orang, bahkan anak PAUD pun dapat mengakses media sosial setiap detiknya. Hendaknya kondisi ini dapat dimanfaatkan secara positif dan maksimal oleh para guru dan tenaga kependidikan”, jelas Muhajir.

Sementara itu, Bupati Natuna Hamid Rizal usai upacara mengatakan berharap kepada seluruh guru di Kabupaten Natuna untuk lebih bekerja secara profesional dalam mendidik anak. Diera tekhnologi yang sekarang ini yang kian canggih, guru harus mempunyai kemampuan yang juga harus lebih canggih, guna dapat mengarahkan anak didik untuk tidak tenggelam kepada hal-hal yang negatif.

“Saya berharap dengan adanya Hari Guru tahun 2017 ini kira-kira bisa lebih meningkatkan profesional dalam mendidik anak kita. Karena kedepan tekhnologi digital sudah lebih maju, maka dari itu guru juga bisa lebih pengetahuannya dalam memberikan ilmu kepada anak didik. Mau tidak mau itu harus kita hadapai, karena pengembangan tekhnolgi”, harap Hamid

Bupati Natuna menghimbau pada setiap guru untuk bisa meningkatkan profesionalisme guna bersaing dengan daerah-daerah lain. Melalui Dinas Pendidikan, Hamid telah membuat program peningkatan ilmu kepada anak didik maupun kepada para pendidik.

“Saya menghimbau kepada guru agar dapat meningkatkan profesionalisme sehingga dapat bersaing dengan daerah daerah lain. Langkah-langkahnya saya sudah menyampaikan kepala dinas¬† akan membuat program untuk meningkatkan ilmu kepada para anak didik dan kepada para pendidik”, tutup Hamid.

Penulis : Afrizal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here