Menteri Pendayagunaan Reformasi dan Birokrasi (MenPan-RB) RI, Asman Abnur (foto:beres)

TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com- –
Dalam rangka peningkatan sumber daya Aparatur Sipil Negara (ASN), Menteri Pendayagunaan Reformasi dan Birokrasi (MenPan-RB) RI, Asman Abnur mengatakan bahwa perlu adanya tolak ukur kinerja PNS.

Hal tersebut disampaikannya usai menghadiri seminar transformasi birokrasi di Hotel Aston Tanjungpinang, Selasa (28/11/2017).

Asman Abnur mengatakan, dalam mengelolah pemerintahan sejumlah kementerian memperkuat sekolah kedinasan, hal tersebut guna mendorong peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) yang kompeten dalam bidang yang ditekuni.

“Saat ini kemampuan penyerapan aparatur sipil negara (ASN) 7000 orang pertahunnya, sementara kita butuh ASN yang banyak,” jelasnya.

Agar kapasitasnya bertambah besar, kata Asman, saat ini sejumlah Kementerian mengadakan sekolah kedinasan.

“Dari sekolah kedinasan tersebut langsung pengangkatan jadi CPNS,” ungkap Asman Abnur yang merupakan putra daerah Provinsi Kepri itu.

Ditambahkannya, dari sekolah-sekolah  kedinasan ini nanti akan dapat mensuplay pegawai negeri yang siap pakai.

“Ada beberapa Lembaga Kementrian yang mengadakan sekolah kedinasan antara lainnya, Istitut Pemerintahan Dalam Negeri ,Sekolah Tinggi Akuntansi Negara, Sekolah Tinggi Ilmu Statistik, Sekolah Imigrasi dan Sekolah Transportasi Darat dan beberapa sekolah kedinasan lainya,” tungkasnya.

“Kita telah mendorong penguatan kurikulum agar kurikulum kedinasan tersebut tidak lagi kurikulum yang lama, tetapi jaman now,” sambung Asman.

Selain itu, pihaknya juga telah memberikan kesempatan kepada sejumlah mahasiswa untuk studi ke negara luar melalui beasiswa Kementerian Keuangan melalui jalur Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Untuk mewujudkan peningkatan tersebut, lanjut Asman, pihaknya telah berkordinasi dengan LIPI untuk melakukan evaluasi.

“Yang tepenting untuk mewujudkan hal tersebut harus kita mulai dengan mereformasi birokrasi,” tutupnya.

penulis: beres

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here