Foto : dispen lantamal4

TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com– – Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal) IV Tanjungpinang Laksamana Pertama TNI R. Eko Suyatno, menerima Tim Rekonsiliasi Internal TNI AL yang dipimpin Kepala Dinas Keuangan Angkantan Laut (Kadiskual) Laksamana Pertama TNI Djoko Erwan Prihatmoko, M.Tr. (Han) di Aula Yos Sudarso, Markas Komando (Mako) Lantamal IV Jalan Yos Sudarso No. I, Batu Hitam, Tanjungpinang, Kepri, Kamis (4/1).

Danlantamal IV Laksamana Pertama TNI R. Eko Suyatno dalam sambutannya mengatakan, Rekonsiliasi Internal Dipa Pusat dan Dipa Daerah TNI AL Semester II Tahun Anggaran 2017 merupakan proses pencocokan data transaksi keuangan melalui beberapa sistem/sub sistem yang berbeda berdasarkan dokumen sumber yang sama, diharapkan hasil rekonsiliasi nantinya didapatkan data yang valid dan akuntabel.

Selanjutnya dikatakan Danlantamal IV, pelaksanaan Rekonsiliasi Internal Dipa Pusat dan Dipa Daerah TNI AL Semester II Tahun Anggaran 2017 antara badan keuangan badan perencanaan dan badan logistik yang menghasilkan laporan keuangan komprehensif nantinya diharapkan terjadi peningkatan opini BPK RI dari semula Wajar Dengan Pengecualian (WDP) meningkat menjadi Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) pada opini laporan keuangan tahun anggaran 2017.

Sementar itu, Kepala Diskual (Kadiskual) Laksamana Pertama TNI Djoko Erwan Prihatmoko, M.Tr. (Han) saat membuka kegiatan tersebut mengatakan, Rekonsiliasi Internal adalah rekonsiliasi yang dilakukan secara berjenjang pada setiap tingkat unit akuntansi yang dilaksanakan di lingkungan Kemhan dan TNI.

Foto : dispen lantamal4

Sedangkan rekonsilisasi eksternal adalah rekonsiliasi berjenjang pada setiap tingkat unit akuntansi yang dilaksanakan oleh Kemahan dan TNI dengan KPPN/DJPB/DJKN dan DJPU Kementerian Keuangan.

Kadiskual menjelaskan, rekonsiliasi yang dilaksnakan saat ini adalah rekonsiliasi internal berkaitan dengan realisasi anggaran yang bersumber dari Dipa Pusat maupun Dipa Daearah, hal ini dimaksudkan antara lain sebagai upaya mensinkronisasikan data keuangan antara badan keuangan, badan perencanaan dan badan logistic terkait dengan realisasi pendapatan dan belanja negara serta pelaksanaan pencatatan transaksi persediaan dan barang milik negara.

Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari sejak tanggal 4 – 5 Januari 2018 ini diikuti peserta jajaran wilayah Lantamal I, II, IV dan XII serta satuan kerja Rumah Sakit Angkantan Laut (Rumkital) Dr. Midiyato Suratani Satker wilayah Keuangan Pusat.

Kegiatan tersebut dihadiri Wadan Lantamal IV, Karumkital Dr. Midiyato Suratani, Para Asisten Danlantamal IV, Kafasharkan Mentigi dan Komandan Wing Udara II.

 

Penulis : red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here