Foto : dispen koarmabar

BATAM, SIJORITODAY.com– – KRI Sigurot-864 berhasil menggagalkan penyelundupan narkotika ke Indonesia. Barang bukti yang berhasil diamankan narkoba berjenis sabu-sabu seberat lebih dari satu ton. Narkoba ditemukan dalam kapal MV Sunrise Glory dengan  disamarkan diantara tumpukan karung beras.

Kronologis penangkapan pada hari Rabu (07/2), KRI Sigurot-864 Koarmabar yang sedang operasi Pengamanan Perbatasan RI-Singapore 2018 BKO Guskamlabar menangkapa menangkap MV Sunrise Glory di Perairan Selat Philips, pada  koordinat 01.08.722 U/103.48.022 T.

Pihak TNI Angkatan laut mencurigai pergerakan MV Sunrice Glory karena melintas diluar Traffic Separation Scheme (TSS) masuk perairan Indonesia dengan mengibarkan bendera Singapura.

Foto : dispen koarmabar

Dari pemeriksaan seluruh dokumen yang ada diatas kapal diindikasikan palsu karena hanya berupa foto copy bukan dokumen asli.

Pada hari Kamis (08/2) pukul 16.00 WIB dilaksanakan serah terima kapal MV Sunrice Glory dari KRI Sigurot-864 ke Lanal Batam. Keesokan hari Jumat (09/2) pukul 15.00 WIB, MV Sunrise Glory digeser dari Dermaga Batu Ampar ke Dermaga Lanal Batam dan selanjutnya dilaksanakan pengecekan terhadap ABK Sunrise Glory oleh Tim WFQR Lantamal IV/Lanal Batam, BNN Pusat, BC Pusat dan BC Batam.

Foto : dispen koarmabar

Saat pemeriksaan tim berhasil menemukan barang bukti narkoba jenis sabu-sabu sebanyak 41 Karung Beras dengan perkiraan berat lebih dari 1000 KG. Narkoba dalam kemasan karung beras ditemukan diantara tumpukan karung beras dalam palka bahan makanan.

 

Penulis : red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here