BATAM, SIJORITODAY.com – – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kepri, Ing Iskandarsyah mengapresiasikan jajaran TNI AL yang menangkap kapal KM Sunrise Glory yang diduga memuat sekitar 1 ton Narkotika jenis Sabu-sabu di perairan Batam, pada Rabu ( 07/02/2018) lalu.

Iskandarsyah mengatakan, kerja TNI AL tersebut sangat luar biasa, bukan saja masalah sabu-sabu, namun martabat negara dan masa depan generasi muda terselamatkan.

Kepada TNI AL, Iskandarsyah berharap agar pengawasan terus diperketat termasuk diperairan Kepulauan Riau yang berbatasan langsung ke Negera tetangga. Bila perlu, diberikan anggaran yang layak dan memadai untuk dapat menjaga perbatasan NKRI.

“Ini kerja yang luar biasa, karena bukan saja masalah sabu nya,  tapi martabat negara dan masa depan generasi muda juga,” ujarnya anggota Komisi II DPRD Kepri itu, Sabtu (10/02/2018).

Hal yang sama disampaikan Ketua DPRD Provinsi Kepri, Jumaga Nadeak menyebut, ratusan bahkan ribuan jiwa terselamatkan terkait penangkapan kapal bermuatan 1 ton sabu oleh jajaran TNI AL.

“Hebat luar biasa, kita menaruh perhatian kepada keluarga besar TNI AL, beribu manusia dan generasi muda bisa hilang masa depan dan bahkan jiwa melayang,” ucapnya.

Sebelumnya, pada hari Rabu Tanggal 07 Februari 2018 pukul 14.00 Wib, KRI Siguror menangkap Kapal Sunrise Glory di Perairan Selat Philips, dengan kordinat 01.08.722 U/103.48.022 T karna melintas diluar TSS dan masuk perairan indonesia dengan mengibarkan bendera Singapore.

Pada saat pemeriksaan dokumen yang ada dikapal diindikasikan palsu. Kemudian kapal tersebut ditarik ke Dermaga Batu Ampar, Batam.

Kemudian, pada hari Kamis, 8 Februari 2018 pukul 16.00 Wib dilaksanakan serah terima kapal Tangkapan dari KRI ke Lanal Batam.

Pada tanggal 09 Februari 2018 pukul 15.00 wib, Kapal Sunrise Glory digeser dari Dermaga Batu Ampar ke Dermaga Lanal Batam, pada saat pengecekan terhadap ABK Sunrise Glory oleh Tim WFQR Lantamal IV/Lanal Batam bersama BNN Pusat, BC Pusat dan BC Batam, tepat pada pukul 18.00 wib Tim berhasil menemukan barang bukti Narkoba berupa Sabu-Sabu sebanyak 41 Karung Beras, dengan perkiraan 1000 Kg barang tersebut ditemukan di atas tumpukan beras dalam palka bahan makanan.

Penulis: Ak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here