KRI Sigurot-862 TNI Angkatan Laut RI, Foto : beto

BATAM, SIJORITODAY.com– – Nama kapal perang KRI Sigurot-864 dalam pekan ini jadi sorotan media dalam maupun luar negeri. Kapal berusia 51 tahun yang dibuat galangan kapal Evans Deakin, Ltd Australia pada 18 November 1967 dan diluncurkan di Walker Ltd Australia tahun 1968 ini menghiasi laman media online sejagad.

Ini tak terlepas dari perannya bersama kru KRI yang dikomandoi Mayor Laut (P) Arizzona Bintara itu berhasil menghentikan laju kapal ikan MV Sunrise Glory yang terakhir kali berbendera Singapura saat ditangkap di perairan Selat Philip tepatnya di perairan Batam, Kepulauan Riau pada Rabu (8/2/2018) lalu.

Empat warga negara berkebangsaan Taiwan berhasil diciduk. Muatan kapal yang salah satunya mencengangkan dan menjadi perhatian publik 1,2 ton narkoba jenis sabu turut diamankan.

Sabu 1,2 ton ini menurut Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Achmad Taufiqoerochman diisi dalam 41 karung bekas dimana masing-masing karung berisi 20-25 kg sabu.

KRI Sigurot-864 merupakan kapal perang yang dimiliki TNI-AL dari kelas Sibarau. Dahulunya adalah HMAS Assail (P-89) sebuah kapal patroli Kelas Attack milik Royal Australia Navy (RAN).

HMAS Assail (P 89) yang menjadi bagian unsur kapal patroli milik Angkatan Laut Australiadipensiunkan pihak Angkatan Laut Australia pada 18 Oktober 1985. Kemudian diserahkan oleh pemerintah Australia kepada pemerintah Indonesia sebagai pembeli, guna menambah jumlah jenis kapal patroli yang sama yang telah diterima terlebih dahulu.

Pada 9 April 1985 KRI Sigurot-864 resmi masuk jajaran Kapal Patroli Armada RI dengan fungsi pokok adalah Kapal Patroli Terbatas dalam Operasi Keamanan Laut (Opskamla) dan Perperangan anti Permukaan  dengan fungsi tambahan adalah peperangan anti udara terbatas, pendaratan terbatas serta bantuan keamanan.

KRI Sigurot diambil dari nama jenis ikan di perairan Indonesia. Ikan ini hidup di laut pada kedalaman 5 meter sampai 25 meter. Sebagian besar terdapat di perairan laut Sulawesi merupakan jenis ikan yang rakus dan galak terhadap ikan yang lebih kecil.

KRI Sigurot – 864 berukuran panjang 35 meter dengan lebar 10 meter dengan draft berukuran 2,19 meter. mengunakan dua propeler dan dua rudder, menjadikan kapal ini lincah dalam berolah gerak.

Dimensi kapal relatif kecil dan kedalaman draft yang rendah maka KRI Sigurot – 864 sangat sesuai untuk berpatroli di antara pulau-pulau kecil dan selat sempit yang banyak ditemukan di perairan Indonesia bagian Barat (Kepulauan Riau dan sekitarnya).

Saat ini KRI Sigurot – 864 berada di Satuan Kapal Patroli Koarmabar. KRI Sigurot-864 dipersenjatai diantaranya dengan Meriam compact berkaliber 40 mm dengan kecepatan tembakan 65 rpm, jangkauan 12 Km untuk target permukaan dan 8 Km untuk target udara, 2 Senapan mesin 50 calliber, untuk target permukaan dan target udara terbatas lalu 1 x 81 mm Mortar kemudian 2 Launcher Chaff, berpeluncur 2 tabung.

Penulis : tim sito

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here