TANJUNGPINANG, SIJORITODAY.com – – Deputi Pengembangan Regional Badan Penelitian dan Pengembangan Nasional Ir Yudi Suprihadi Surya Dinata mengharapkan Pemerintah Provinsi Kepri dapat menerapkan lima Program Nasional tahun 2019 ke dalam Rencana Kerja Pemerintah Provinsi Kepri tahun 2019 mendatang.

Hal ini disampaikan Yudi saat mewakili Kepala Bappenas RI Prof Dr Bambang PS Brodjonegoro pada Pembukaan Musrenbang Provinsi Kepri di Ballroom CK Hotel Tanjungpinang, Rabu (28/3).

Dikatakan Yudi, Musrenbang merupakan suatu wadah penting bagi daerah untuk merumuskan program-program kerja yang bakal dimasukkan dalam anggaran tahun mendatang. Sehingga hasil dari musrembang ini, dapat menjadi fokus pembangunan yang kan diprioritaskan pada tahun anggaran berikutnya.

“Ada lima progress nasional tahun 2019 yang kami harapkan dapat diterapkan di seluruh daerah termasuk di Provinsi Kepri dalam rangka mewujudkan Nawacita Presiden Joko Widodo,”ujar Yudi.

Seperti, Pembangunan sumber daya manusia melalui pengurangan kemiskinan dan pelayanan dasar, Pengurangan kesenjangan antar wilayah melalui penguatan konektivitas dan kemaritiman, peningkatan nilai ekonomi melalui pertanian,industri dan jasa produktif, pemantapan ketahanan energi,pangan dan sumber daya air serta stabilitas keamanan nasional dan kesuksesan Pemilu.

“Kelima program prioritas ini harus ada di setiap RKP Daerah, dan saya lihat dengan tema Musrenbang Provinsi Kepri yakni “Peningkatan kualitas sumber daya manusia ekonomi berkelanjutan infrastruktur pengembangan dan kebudayaan Melayu Kepri” ini telah mencakup sebagian program prioritas tersebut,” ujar Yudi

Namun begitu, lanjut Yudi juga mengharapkan agar nantinya melalui Musrenbang yang dilaksanakan Provinsi Kepri ini akan dapat menciptakan program-program yang jelas dan berintegritas.

“Yang mana melakukan pengembangan sesuai dengan kemampuan dan potensi yang dimiliki suatu daerah agar pembangunan tersebut dapat efektif dan efisien dilaksanakan serta   bermanfaat bagi masyarakat,” tegas Yudi.

Hal yang sama juga dikatakan Dirjen Administrasi Kewilayahan Kementrian Dalam Negeri Eko Subowo MBA  yang mengatakan penerapan  kelima program prioritas nasional ini sangat diperlukan dalam mewujudkan stabilitas pemerintahan diakhir masa kepemimpinan Presiden Joko Widodo.

“Dan untuk Provinsi Kepri banyak pekerjaan yang harus diselesaikan saat ini, melalui moment Musrenbang inilah upaya Pemerintah Provinsi Kepri untuk menyelesaikan nya,” ujar Eko yang hadir  mewakili Mendagri Tjahjo Kumolo.

Sementara itu, Gubernur Kepri H Nurdin Basirun menegaskan bahwa Pemerintah Provinsi Kepri akan terus bersinergi dan menerapkan berbagai kebijakan-kebijakan pemerintah pusat di daerah.

“Karena kebijakan tersebut pastinya untuk peningkatan dan kemajuan Provinsi Kepri,” ujar Gubernur.

Gubernur juga menambahkan bahwa pemerintah Provinsi Kepri akan terus berkomitmen dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi Kepri.

“Yang akan dimulai dengan penguatan infrastruktur, penguatan konektiviti seperti pembangunan jembatan Batam-Bintan dan pembangunan beberapa Kawasan Ekonomi Khusus yang diharapkan menjadi sumber ekonomi baru di Provinsi Kepri,” tambah Gubernur.

(H/R)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here