MEDAN, SIJORITODAY.com– – Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla menutup Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Nasional XXVII Tahun 2018, yang digelar di Astaka Utama MTQ Sport Center Jalan Wiliem Iskandar, Kota Medan, Sumatera Utara, Jumat (12/10) malam kemarin.

Prosesi penutupan MTQ Nasional ke 27 ditandai dengan pemukulan beduk oleh Wapres Jusuf Kalla didampingi Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim dan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi.

Dalam sambutannya, Wapres Jusuf Kalla bercerita tentang sejarah lahirnya gelaran MTQ. Menurutnya, ide gelaran MTQ awalnya datang dari orang Medan.

“Saya teringat saat mulainya MTQ pertama di Makasar pada 51 tahun yang lalu. Ide MTQ ini justru datang dari orang Medan. Waktu itu. Kepala RRI di Makasar, Pak Sani (alm), memulai perlombaan baca Alquran di radio. Di situlah awal mulanya gelaran MTQ hingga saat ini,” kata Jusuf Kalla yang malam itu mengenakan tanjak di kepala dengan setelan baju melayu kuning muda.

“Sekali lagi saya mengucapkan terima kasih kepada almarhum Pak Sani,” sambung Jusuf Kalla.

DKI Juara Umum

Sementara itu dari hasil lomba MTQ XXVII itu, Provinsi Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta menjadi juara umum dengan mendominasi juara dari sejumlah kelompok yang dilombakan.

Pengumuman juara umum ini dibacakan Ketua Dewan Hakim MTQ Nasional M. Roem Rowi pada malam penutupan. Sementara Piala Juara Umum MTQ diserahkan Wapres Jusuf Kalla kepada Sekda Provinsi DKI Jakarta.

Berikut peraih juara umum dan 10 besar pada MTQ Nasional ke 27:

Juara Umum  : Provinsi DKI Jakarta

Juara II    : Provinsi Banten

Juara III   : Provinsi Sumut

Peringkat 4 : Kepulauan Riau

Peringkat 5 : Jawa Timur

peringkat 6 : Riau dan Jabar

Peringkat 7 : Aceh

Peringkat 8 : DIY Yogyakarta

Peringkat 9 : NTB

Peringkat 10: Kalimantan Selatan.

Editor : red

Sumber : setkab

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here